Kamis 03 Mar 2022 05:53 WIB

6 Kiat Hindari Persaingan Kakak dan Adik

Ada enam kiat yang bisa dilakukan orang tua untuk menguatkan hubungan kakak dan adik.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Memeluk seseorang yang kita sayangi ternyata memiliki dampak bagi kesehatan (Kakak Adik Saling Berpelukan)
Foto: Pxhere
Memeluk seseorang yang kita sayangi ternyata memiliki dampak bagi kesehatan (Kakak Adik Saling Berpelukan)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Fenomena persaingan antara kakak dan adik bukanlah hal baru untuk disaksikan di lingkungan masing-masing. Tak jarang, persaingan tersebut memunculkan hubungan kurang baik di antara keduanya.

Penny Warner dalam buku 365 Tip Mengasuh Bayi mengungkapkan, ada enam kiat yang bisa dilakukan orang tua untuk menguatkan hubungan kakak dan adik. Cara-cara ini diharapkan bisa mengurangi rasa persaingan di antara kakak dan adik, terutama yang masih bayi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini enam kiat yang bisa dilakukan orang tua kepada dua anaknya.

1. Memuji anak besar

Selama menyusui atau mengganti popok bayi, berbicaralah tentang anak Anda yang lebih besar supaya dia bisa dengar. Kemudian bercerita betapa hebatnya dia menjadi seorang kakak.

2. Biarkan si kakak membantu

Ajari si kakak tentang cara mengurus bayi. Hal ini tentunya harus di bawah pengawasan ketat orang tua. Jangan lupa puji anak Anda karena telah bersedia membantu. Tekankan semua hak baik yang dia lakukan untuk sang adik yang masih bayi. Lalu jangan berlebihan terhadap kesalahan yang dilakukan si kakak.

3. Lakukan hal-hal istimewa bersama si kakak

Mintalah pasangan atau kerabat untuk menjaga bayi. Sementara itu, Anda bisa menghabiskan waktu berdua saja dengan si kakak. Coba pergi piknik, nonton, main gim dan sebagainya bersama si kakak.

4. Jujurlah

Jangan menjanjikan si kakak bahwa semua akan tetap sama meksipun adik bayinya lahir. Jujurlah kepada si kakak bahwa semuanya tidak akan sama, sekeras apapun Anda mencobanya.

5. Doronglah tamu untuk memberikan perhatian yang sama kepada si kakak

Jika seseorang membawa hadiah untuk bayi Anda, coba mintalah mereka untuk membawakan hadiah lain untuk si kakak.

6. Jangan khawatir jika si kakak sedikit menarik diri

Kakak terkadang ingin diperhatikan seperti bayi yang baru lahir. Untuk mengatasinya, berikan perhatian yang mereka butuhkan. Lalu pujilah ketika si kakak bersikap seperti orang dewasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement