Jumat 25 Feb 2022 17:25 WIB

Jangan Cuma Panggil Namanya, Teriakkan Ini Juga Saat Anak Hilang di Tempat Umum

Seorang ibu membagikan cara efektif menemukan anak yang hilang di tempat umum.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Wahana permainan anak di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Ahad (6/2/2022). Ketika anak terpisah dari orang tua di tempat umum, jangan cuma teriakkan namanya. Sebut juga deskripsi spesifik anak Anda.
Foto:

Sebagian besar tempat umum seperti pusat perbelanjaan punya protokol saat mencari anak hilang yang dapat dimanfaatkan. Tetap saja, orang tua perlu waspada menjaga semua buah hatinya.

Saran lain dari Martin adalah memakaikan anak pakaian berwarna cerah yang serasi sehingga mudah dikenali. Suatu ketika, Martin pergi ke tempat bermain dan ada tiga bersaudara berpakaian pink neon yang amat mencolok.

Penampilan yang menonjol membuat mereka lekas ditemukan apabila tidak sengaja terpisah. Jika hendak bepergian ke tempat yang dirasa agak mencemaskan, Martin menganjurkan mengambil foto anak sebelum berangkat.

Dengan begitu, orang tua memiliki dokumentasi tentang bagaimana penampilan anak pada hari itu. Pastikan memotret anak seluruh badan sehingga sepatunya terlihat. Menurut Martin, penculik dapat dengan mudah mengganti baju anak, tapi belum tentu akan mengganti sepatunya.

Kiat lainnya adalah menuliskan nomor telepon orang tua di lengan anak. Dengan begitu, orang dewasa lain yang menemukan anak dalam kondisi terpisah bisa segera menghubungi nomor tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement