Rabu 23 Feb 2022 06:30 WIB

Mengapa Orang Bisa Dua Kali Kena Covid-19?

Reinfeksi mungkin terjadi pada orang yang sudah pernah kena Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Penyintas Covid-19 memiliki antibodi yang melindunginya selama beberapa saat dari risiko kembali kena penyakit wabah global ini.
Foto:

Bagaimana dengan booster?

Terlepas dari infeksi Covid-19 sebelumnya, orang masih perlu mendapatkan vaksin dosis booster. Prof McLaws merekomendasikan menunggu tiga bulan setelah infeksi untuk mendapatkan booster dengan asumsi penyintas sudah merasa baik.

Sebab, saat itulah antibodi penetral seseorang akan mulai berkurang. Menurut Prof Tong, bagaimanapun, lebih cepat lebih baik untuk mendapatkan vaksin dosis penguat antibodi.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

"Jika Anda telah pulih dari penyakit akut, katakanlah dua atau tiga pekan setelahnya Anda kembali normal, maka itu saat yang tepat untuk mendapatkan suntikan ketiga Anda," katanya.

Prof Tong menjelaskan bahwa bahkan orang yang telah pulih dari virus masih harus mendapatkan suntikan vaksin apa pun yang memenuhi syarat. Sebab, itu akan membantu melindungi dari infeksi ulang dan rawat inap di masa depan.

"Tampaknya, setidaknya dengan varian sebelumnya, bahwa infeksi sebelumnya dan kemudian vaksinasi benar-benar memberi Anda kekebalan yang hampir super terhadap Covid," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement