Selasa 22 Feb 2022 14:33 WIB

Ciri Hubungan tidak Sehat dengan Pasangan

Patut dikhawatirkan kerika seseorang mengontrol semua aspek kehidupan orang lain.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Ciri hubungan yang tidak sehat dengan pasangan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Ciri hubungan yang tidak sehat dengan pasangan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hubungan yang sehat tentunya menjadi harapan banyak orang. Sayangnya, masih banyak yang tidak menyadari keparahan, tanda-tanda, atau bagaimana membantu korban yang dicurigai mengalami kekerasan dalam sebuah hubungan.

Menurut lembaga Canadian Centre to End Human Trafficking, perdagangan seks di negara tersebut jarang melibatkan penyelundupan atau penculikan. Tindakan tersebut paling sering dimulai dengan seseorang yang dikenal, dicintai, dan dipercaya oleh korban, menganggap penting bagi orang-orang untuk memahami seperti apa hubungan yang sehat itu terlihat dan terasa.

Baca Juga

Lebih dari setengah (52 persen) orang Kanada tidak menyadari bahwa orang yang diperdagangkan untuk seks sering dipikat oleh seseorang yang mereka kenal. Lebih dari dua pertiga orang Kanada (69 persen) merasa rata-rata orang Kanada tidak memahami masalah perdagangan seks, 93 persen yang mengejutkan percaya bahwa penting untuk meningkatkan kesadaran dan pendidikan.

Untuk memperingati Hari Kesadaran Perdagangan Manusia Nasional pada 22 Februari, Canadian Centre to End Human Trafficking memberikan penelitian dan wawasan untuk lebih memahami tanda-tanda peringatan yang perlu diwaspadai. Berikut lima tanda hubungan tidak sehat, seperti dilansir di Daily Hive, Selasa (22/2/2022):

1. Merasa tertekan

Jika pasangan menekan Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin dilakukan, terutama dalam kaitannya dengan pengejaran seksual, itu adalah tanda bahaya secara langsung.

2. Diancam

Jika ada yang pernah menggunakan taktik seperti pemerasan, ultimatum, atau menyarankan tidak ada pilihan lain selain tuntutan mereka, waspadalah terhadap situasinya. Pasangan yang sehat menyerahkan keputusan kepada Anda dan tidak boleh mencoba menakut-nakuti untuk melakukan sesuatu yang menguntungkan mereka. Ini adalah tanda yang jelas bahwa ada sesuatu yang terjadi, dan orang ini tidak memiliki minat terbaik Anda.

3. Kekerasan

Kekerasan tidak memiliki tempat dalam hubungan yang sehat. “Tanda pelecehan yang harus diwaspadai adalah ketika penampilan seseorang tampak tidak pada tempatnya, mereka memiliki luka atau memar,” kata Direktur Eksekutif Canadian Centre to End Human Trafficking, Julia Drydyk.

Penting untuk memperhatikan tanda-tanda kekerasan atau kontrol yang dapat mengindikasikan bahwa seseorang berisiko melakukan perdagangan manusia.

4. Isolasi

Tanda utama dari hubungan yang tidak sehat adalah terputusnya hubungan dengan keluarga dan teman. Jika pernah dipaksa untuk menghabiskan seluruh waktu Anda dengan seseorang, minat romantis baru atau teman, dan diisolasi dari orang yang dicintai, ketahuilah bahwa itu adalah perilaku yang beracun dan tidak sehat.

“Keluarga dan teman memainkan peran penting dalam mencegah perdagangan manusia dan mendukung mereka yang terkena dampak. Semakin cepat orang yang dicintai memperhatikan tanda-tanda ini, semakin baik kemampuan mereka untuk membantu seseorang yang dieksploitasi, ”kata Drydyk.

5. Kehilangan kendali

Ketika seseorang mencoba mengontrol semua aspek kehidupan orang lain, seperti siapa teman mereka, aktivitas apa yang mereka lakukan, ponsel dan akun media sosial mereka, itu patut dikhawatirkan. Penting untuk diingat bahwa hidup adalah milik Anda sendiri. Bahkan ketika bermitra dengan orang lain, Anda memiliki hak atas privasi dan individualitas.

Meskipun tidak ada satu hal pun yang menunjukkan seseorang diperdagangkan, tanda potensial yang harus diwaspadai adalah perubahan perilaku tiba-tiba. Jika seseorang bertindak dengan cara yang takut, cemas, tunduk, atau gugup, terlalu khawatir tentang ketidaksenangan pasangan, tampaknya dikendalikan oleh orang lain, menarik diri dan jarang menanggapi panggilan telepon, juga adalah tanda bahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement