Kamis 17 Feb 2022 13:53 WIB

Saking Manisnya, Baguette Subway Masuk Kategori 'Cake' di Irlandia

Baguette Subway mengandung jumlah gula dua kali lipat baguette lokal di Irlandia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Roti baguette khas Prancis. Irlandia memasukkan baguette Subway dalam kategori cake karena kandungan gulanya di atas ketentuan untuk roti.
Foto:

Subway mengonfirmasikan bahwa rotinya mengandung lebih banyak gula. Akan tetapi , pihaknya menekankan takarannya masih dalam klaim rendah gula Uni Eropa, yakni 4,5 persen saat dikonsumsi.

Penambahan itu menyebabkan masalah pelik di Irlandia. Sebab, di sana roti didefinisikan sebagai penganan yang mengandung gula kurang dari 2,5 persen.

Seorang pemegang waralaba Subway mencoba untuk menuntut kembali sebagian dari pajak pertambahan nilai (PPN) yang telah dibayar, tetapi pengadilan memutuskan menu itu harus diperlakukan dengan cara yang sama seperti cake. Alasannya, mengandung gula lebih dari 2,5 persen, bukan makanan pokok, dan bisa digolongkan sebagai makanan mewah.

Keterangan dari Subway, kasus PPN kompleks itu telah terjadi hampir dua dekade dan didasarkan pada undang-undang pajak sebelumnya di Irlandia. Bahasan tersebut menjadi salah satu detail menarik dalam program di Channel 5, dikutip dari laman The Sun, Kamis (17/2/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement