Sabtu 12 Feb 2022 07:33 WIB

Terganggu dengan Kaki Pecah-Pecah? Ini Cara Mengobatinya di Rumah

Beberapa kasus kaki pecah-pecah mengalami sakit, gatal, hingga berdarah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Beberapa kasus kaki pecah-pecah mengalami sakit, gatal, hingga berdarah.
Foto:

Selain tidak nyaman dan sakit, kaki pecah-pecah juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Karenanya agar kaki tidak pecah-pecah lagi, Anda perlu melakukan beberapa pencegahan sebagai berikut.

1. Periksa kaki setiap hari

Mengawasi seberapa kering tumit akan membantu Anda mengetahui kapan perlu melembabkannya.

 

2. Cuci kaki setiap hari

Kaki yang bersih cenderung tidak mengandung bakteri penyebab infeksi yang dapat menimbulkan masalah jika tumit kaki pecah-pecah secara kronis.

 

3. Melembabkan kaki setelah dicuci

Setelah kaki dibersihkan, segera oleskan pelembab agar tumit Anda tidak mengering dan pecah-pecah.

 

4. Hindari pemakaian sandal terbuka

Jika Anda rentan dengan tumit pecah-pecah, Anda harus menghindari sepatu dan sandal dengan punggung terbuka dan memakai sepatu tertutup dan sepatu belakang yang memberikan dukungan yang cukup untuk tumit dan kaki Anda.

 

5. Ukuran sepatu yang tepat

Mengenakan ukuran sepatu yang salah dapat memengaruhi cara tubuh menopang kaki, yang dapat menyebabkan tumit pecah-pecah. Pastikan sepatu yang dikenakan pas dengan kaki Anda, terutama hindari sepatu yang terlalu ketat.

 

6. Lindungi kaki dari suhu ekstrim 

Suhu ekstrim, baik panas maupun dingin, dapat mengeringkan kulit. Untuk membantu melindungi kaki segera lepaskan kaus kaki atau sepatu saat lembap, atau bungkus dengan kaus kaki tebal pada suhu dingin.

 

7. Tetap terhidrasi

Hidrasi sangat penting untuk kesehatan kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin tubuh terhidrasi semakin banyak kelembapan yang dapat ditemukan di kulit. Jika Anda ingin mencegah kulit kering dan tumit pecah-pecah, pastikan minum cukup air putih sepanjang hari.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement