Jumat 11 Feb 2022 12:56 WIB

Dampak Omicron: New York Catat Lonjakan Kasus Sindrom Peradangan Multisistem pada Anak

Dokter di Long Island, New York mulai melihat kasus anak paling parah akibat omicron.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Bayi dirawat di rumah sakit (ilustrasi). Saat omicron merajalela, jumlah anak yang positif Covid-19 melonjak dan terpantau peningkatan kasus MIS-C, sindrom peradangan multisistem pada anak.
Foto:

Kewaspadaan perlu lebih ditingkatkan jika anak dites positif Covid-19 beberapa pekan sebelumnya atau terpapar pasien positif. Segera hubungi dokter apabila ada gejala tambahan ruam, mata merah, atau sakit perut.

Harris menjelaskan bahwa MIS-C biasanya diobati dengan steroid dan imunoglobulin intravena untuk membantu mengurangi respons peradangan. Ada potensi masalah jantung yang terkait dengan peradangan tersebut.

Pasien terkadang membutuhkan dukungan kardiovaskular karena MIS-C menyebabkan peradangan jantung yang disebut miokarditis. Kabar baiknya, kebanyakan anak bisa sembuh dari MIS-C dan sedikit yang mengalami efek jangka panjang.

"Saya tidak mengetahui adanya kematian akibat MIS-C, meskipun secara nasional ada hampir 900 kematian anak akibat infeksi Covid-19," ujar Harris seraya menekankan pentingnya vaksin dalam mengurangi risiko tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement