Rabu 09 Feb 2022 20:00 WIB

Johnson&Johnson Dikabarkan Setop Produksi Vaksin Covid-19

Johnson&Johnson setop produksi vaksin Covid-19 sejak akhir tahun lalu.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nora Azizah
Johnson&Johnson setop produksi vaksin Covid-19 sejak akhir tahun lalu.
Foto: AP/Rahmat Gul
Johnson&Johnson setop produksi vaksin Covid-19 sejak akhir tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu produsen Vaksin Covid-19, Johnson & Johnson dikabarkan untuk sementara telah menghentikan produksi vaksin Covid-19. Padahal perusahaan AS, Johnson & Johnson ini telah menjadi satu-satunya pilihan penyuplai vaksin Covid di beberapa bagian dunia.

Kabar penghentian produksi vaksin Covid oleh Johnson & Johnson ini dilaporkan oleh The New York Times, sebagaimana dilansir dari CNET, Selasa (8/2/2022). Penghentian produksi Covid-19 oleh Johnson & Johnson ini dikabarkan terhenti sejak akhir tahun lalu. Menurut Times, fasilitas produksi, yang terletak di kota Leiden di Belanda, sekarang memproduksi vaksin eksperimental dan berpotensi lebih menguntungkan untuk virus yang berbeda. 

Baca Juga

"Rencana produksi vaksin eksperimental berlangsung hingga bulan depan," kata outlet New York Times.

Walaupun penegasan berita itu, dan tidak jelas bagaimana atau apakah itu akan memengaruhi pasokan vaksin. Sumber mengatakan kepada Times bahwa istirahat di pabrik berpotensi mengurangi pasokan beberapa ratus juta dosis selama beberapa bulan ke depan.

Seorang juru bicara Johnson & Johnson tidak memastikan kapan jeda produksi vaksin tersebut selesai. Ia hanya mengatakan kepada CNET bahwa perusahaan saat ini memiliki jutaan dosis vaksin Covid-19 dalam persediaan. Diakui dia, Johnson & Johnson juga terus memasok suplai dosis ke semua negara. 

"Termasuk pengisian dan penyelesaian, yang mengirimkan vaksin untuk didistribusikan," kata juru bicara itu.

Satu dosis vaksin Johnson & Johnson lebih mudah disimpan di lemari es dan disimpan, sehingga lebih mudah didistribusikan daripada vaksin Pfizer dan Moderna. Vaksin ini Itu juga lebih murah, dan pejabat kesehatan mengatakan itu membuat pilihan yang lebih baik di komunitas yang lebih sulit dijangkau, di mana orang mungkin tidak selalu dapat kembali beberapa minggu kemudian untuk vaksin dosis kedua lanjutan.

Negara-negara di Afrika, khususnya, kini telah mengandalkan vaksin Johnson & Johnson sebagai perlindungan terhadap penyakit Covid-19 yang parah. 

"Ini bukan waktunya untuk mengalihkan jalur produksi apa pun, ketika kehidupan orang-orang di seluruh dunia berkembang berada dalam keseimbangan,” Dr. Ayoade Alakija, salah satu kepala program pengiriman vaksin Uni Afrika, mengatakan kepada Times.

Juru bicara Johnson & Johnson mengatakan perusahaan terus memenuhi kewajiban kontrak aktual kebutuhan vaksin sehubungan dengan Fasilitas Covax dan Uni Afrika. Salah satu lokasi pengiriman& pengisian dan penyelesaian J&J adalah di Afrika Selatan. Covax adalah program yang didedikasikan untuk akses vaksin yang adil, dan membeli vaksin serta mendistribusikannya ke banyak negara berpenghasilan rendah.

Di Amerika Serikat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS telah merekomendasikan vaksin Pfizer dan Moderna daripada vaksin Johnson & Johnson bagi kebanyakan orang. Hal ini dengan alasan kekhawatiran atas terjadinya gangguan pembekuan darah yang langka, namun berbahaya yang terlihat pada J&J, dan karena dua vaksin lainnya secara luas tersedia.

Selain itu, karena suntikan kedua meningkatkan perlindungan itu ke tingkat yang lebih sebanding dengan vaksin mRNA. Negara lain tidak memiliki akses ke pilihan vaksin tambahan. Menurut Our World in Data, sedikit lebih dari 10 persen orang yang tinggal di negara berpenghasilan rendah telah mendapatkan dosis vaksin Covid-19.

Sebuah sumber mengatakan kepada Times bahwa vaksin eksperimental yang diproduksi di pabrik Belanda adalah untuk virus pernapasan syncytial, atau RSV, dan itu akan diuji dalam uji klinis untuk orang dewasa yang lebih tua di negara-negara kaya. Johnson & Johnson tidak mengkonfirmasi atau menyangkal vaksin yang dibuat di Leiden kepada CNET.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement