Rabu 09 Feb 2022 17:43 WIB

WHO: 'Son of Omicron' Lebih Menular

Son of omicron adalah julukan untuk subvarian BA.2 dari omicron.

Rep: Adysha Citra Ramadani, Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. WHO mengingatkan subvarian ba.2 alias son of omicron lebih menular dari pendahulunya.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. WHO mengingatkan subvarian ba.2 alias son of omicron lebih menular dari pendahulunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Subvarian omicron BA.2 diprediksi akan lebih banyak terdeteksi di masa mendatang. Alasannya, subvarian BA.2 lebih mudah menular dibandingkan subvarian BA.1.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh dr Maria Van Kerkhove dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Subvarian BA.2 memiliki banyak julukan, mulai dari "stealth omicron", "son of omicron", hingga "omicron's sister".

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut, dr Kerkhove mengatakan, sejauh ini tak ada bukti bahwa subvarian BA.2 mendatangkan gejala lebih berat dibandingkan BA.1. Kemungkinan reinfeksi juga belum terkuak.

"Kami belum tahu apakah bila Anda terinfeksi BA.1, Anda bisa atau tidak terinfeksi BA.2," kata dr Abdi Mahamud dari WHO, seperti dilansir India Today, Rabu (9/2/2022).

 

Pekan lalu, WHO juga sempat menyatakan bahwa subvarian BA.2 tampak tidak lebih berat dibandingkan BA.1. Meski begitu, WHO tetap memperingatkan negara-negara di dunia untuk kembali meningkatkan restriksi terkait Covid-19. Hal ini dikarenakan penyebaran omicron belum mencapai puncaknya di banyak negara.

Subvarian BA.2 berbagi 32 strain dengan subvarian BA.1. Akan tetapi, ada 48 mutasi yang membedakan keduanya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement