Rabu 02 Feb 2022 13:06 WIB

Konsumsi Minuman Alkohol Beri Dampak Langsung pada Kanker

Minuman alkohol menjadi penyebab langsung dari beberapa jenis kanker.

Minuman alkohol menjadi penyebab langsung dari beberapa jenis kanker.
Foto:

Mereka mencatat bahwa risiko yang lebih besar pada pria yang membawa varian gen ALDH2 tolerabilitas rendah alkohol yang masih minum secara teratur menunjukkan bahwa akumulasi asetaldehida yang lebih besar dapat secara langsung meningkatkan risiko kanker.

"Temuan ini menunjukkan bahwa alkohol secara langsung menyebabkan beberapa jenis kanker, dan bahwa risiko ini dapat meningkat lebih lanjut pada orang dengan toleransi alkohol rendah yang diturunkan yang tidak dapat memetabolisme alkohol dengan baik," kata peneliti utama, Pek Kei Im, dalam sebuah pernyataan.

Para penulis mengatakan penelitian mereka memperkuat kebutuhan untuk menurunkan tingkat konsumsi alkohol untuk pencegahan kanker, terutama di Cina. Oxford Public Health juga mengutip penelitian sebelumnya yang memperkirakan ada tiga juta kematian akibat alkohol pada 2016. CDC mengatakan minum alkohol meningkatkan risiko terkena kanker mulut dan tenggorokan, laring, kerongkongan, usus besar dan rektum, hati dan payudara.

"Semua minuman beralkohol, termasuk anggur merah dan putih, bir, dan minuman keras, terkait dengan kanker. Semakin banyak Anda minum, semakin tinggi risiko kanker Anda," tulisnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement