Sabtu 29 Jan 2022 21:55 WIB

Hari ke-10 Isolasi Masih Positif, Lanjut Karantina atau tidak?

Ada sebagian orang yang terus positif Covid-19 meski sudah menjalani isolasi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Ada sebagian orang yang terus positif Covid-19 meski sudah menjalani isolasi.
Foto:

Jika Anda masih dinyatakan positif setelah infeksi lama, apa yang harus Anda lakukan?

Selama Anda terus dites positif pada tes cepat di rumah, Anda masih harus menganggap diri Anda berpotensi menular. Namun, seberapa menular Anda akan berubah tergantung di mana Anda berada dalam infeksi.

Orang cenderung paling menular tepat pada awal infeksi Covid-19. Jadi pada saat Anda mencapai hari kedelapan, kesembilan, atau 10, maka Anda masih memiliki kesempatan untuk menyebar ke orang lain, tetapi mungkin tidak sebanyak yang dapat dilakukan pada awal infeksi. 

Ketika sampai pada titik itu, Anda harus mulai menimbang pilihan. Para ahli menekankan bahwa paling aman untuk terus mengisolasi diri sampai Anda tidak lagi dinyatakan positif.

Namun, saran itu mungkin tidak layak untuk semua orang. Dengan mempertimbangkan pedoman CDC yang baru, maka tidak masuk akal untuk secara bertahap meninggalkan isolasi setelah 10 hari, bahkan jika Anda masih dinyatakan positif pada tes cepat. Gejala apa pun yang Anda kembangkan telah teratasi dan terus mengambil tindakan pencegahan lain sebanyak mungkin sampai Anda mendapatkan hasil negatif.

Kissler merekomendasikan untuk menghindari ruang tertutup dengan orang lain dan mengenakan masker, seperti KN95 atau KF94 saat melakukan kontak dengan orang lain untuk membatasi potensi penyebaran. Jika Anda khawatir tentang berapa lama dites positif Covid-19, Kissler menyarankan untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan agar mendapatkan panduan tentang situasi pribadi. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement