Rabu 26 Jan 2022 00:20 WIB

5 Gejala Keparahan Ini Perlu Diwaspadai Ketika Anak Kena Covid-19

Waspadai tanda-tanda keparahan gejala Covid-19 pada anak

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Reiny Dwinanda
Anak menjalani tes Covid-19. Waspadai gejala keparahan Covid-19 pada anak.
Foto:

Namun demikian, dr Anand mengakui bahwa sebagian besar anak yang dirawat memiliki penyakit penyerta (komorbid). Mereka mengalami penyakit dan kondisi seperti sindrom nefrotik, gagal ginjal, kanker, kejang, gangguan hati, pasca transplantasi organ, penyakit jantung, dan lainnya.

photo
Covid 19 omicron serang anak-anak di AS - (Republika)

Menurut dr Anand, Covid-19 memang dapat menyebabkan disfungsi multiorgan. Infeksi SARS-CoV-2 bisa menyebabkan gangguan profil komorbiditas sehingga meningkatkan kebutuhan untuk rawat inap.

Akan tetapi, dr Anand menyebutkan bahwa bagian baiknya adalah sebagian besar pasien menjadi lebih baik dan dipulangkan. Biasanya, itu terjadi dalam tujuh hingga 10 hari setelah diopname.

"Tidak semua orang memerlukan obat anti virus seperti Remdesivir. Hanya manajemen yang mendukung dan manajemen komorbiditas yang membantu," tambahnya.

Sementara itu, antibodi monoklonal disebut-sebut sebagai intervensi bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta. Namun, menurut dr Anand, dalam kasus anak-anak, antibodi monoklonal jarang diperlukan meskipun telah diizinkan untuk digunakan pada anak-anak.

Baca juga  :Mengapa Orang Depresi Lebih Mudah Percaya Teori Konspirasi Vaksin?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement