Kamis 20 Jan 2022 14:21 WIB

30 Persen Orang Kehilangan Antibodi dari Vaksin Covid-19 Setelah 6 Bulan

Sebagian orang yang mengalami penurunan antibodi dari vaksin punya penyakit penyerta.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Covaxin di Hyderabad, India, Kamis, 27 Mei 2021. Studi di India terhadap penerima vaksin Covaxin, Covishield, dan Sputnik menunjukkan adanya penurunan tingkat antibodi setelah enam bulan vaksinasi. Hasil studi sejala dengan temuan peneliti internasional.
Foto:

Hasil penelitian tersebut setara dengan penelitian global dan menyimpulkan bahwa hampir 30 persen peserta memiliki tingkat antibodi di bawah 100 AU/ml pada enam bulan setelah vaksinasi. Sebagian besar di antaranya adalah orang-orang dengan penyakit penyerta.

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Dari semua peserta, sebanyak enam persen tidak mengembangkan perlindungan kekebalan sama sekali. Hasilnya menunjukkan bahwa kecepatan penurunan kekebalan berbanding lurus dengan usia sehingga menyiratkan bahwa orang muda memiliki tingkat kekebalan yang lebih berkelanjutan dibandingkan dengan orang tua.

Mengingat penurunan tingkat antibodi pada pasien hipertensi dan diabetes dan individu di atas 40 tahun dengan penyakit penyerta ini membuatnya berisiko tinggi terkena Covid-19, mereka harus diprioritaskan untuk mendapatkan suntikan booster setelah enam bulan vaksinasi. Para ahli mengatakan, saat ini jeda sembilan bulan dosis pencegahan menguntungkan 70 persen populasi India dengan tingkat antibodi yang bertahan setelah enam bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement