Kamis 20 Jan 2022 01:00 WIB

Nocebo: Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Dipicu Pikiran atau Sugesti

Sebagian keluhan usai vaksinasi Covid-19 merupakan efek samping yang dipicu pikiran.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
 Seorang siswa sekolah dasar bereaksi ketika petugas kesehatan menyuntikkan suntikan vaksin COVID-19 selama perjalanan vaksinasi untuk anak-anak berusia antara enam hingga 11 tahun, di Banda Aceh, Indonesia, 18 Januari 2022. Sebagian keluhan yang dirasakan setelah vaksinasi Covid-19 timbul dipicu oleh sugesti.
Foto:

Sakit kepala dan kelelahan diketahui sebagai efek samping yang umum setelah mendapatkan suntikan mempengaruhi satu dari setiap 10 orang yang mendapatkan vaksinasi Covid-19. Namun, efek samping yang serius sangat jarang terjadi.

"Bukti menunjukkan bahwa bahwa informasi semacam ini dapat menyebabkan orang salah mengartikan sensasi latar belakang umum sehari-hari yang timbul dari vaksin," ujar Kaptchuk.

Kaptchuk mengatakan bahwa hal itu bisa menyebabkan kecemasan dan kekhawatiran yang membuat orang sangat waspada, secara khusus mengenai tubuh yang bisa mengalami kejadian buruk.

Sementara itu, beberapa reaksi yang dilaporkan oleh orang-orang yang divaksinasi tidak pernah dikaitkan dengan obat tersebut, termasuk di antaranya adalah masalah telinga dan mata serta gangguan pencernaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement