Kamis 13 Jan 2022 15:16 WIB

Kapan Waktu Paling Aman Bertemu Orang yang Sembuh dari Covid-19?

Waktu pemuliihan infeksi Covid-19 dapat bevariasi bagi setiap orang.

Waktu pemuliihan infeksi Covid-19 dapat bevariasi bagi setiap orang.
Foto: www.freepik.com.
Waktu pemuliihan infeksi Covid-19 dapat bevariasi bagi setiap orang.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Santi Sopia

Baca Juga

Seperti penyakit menular lainnya, waktu pemulihan infeksi Covid-19 dapat bervariasi bagi setiap orang. Namun, para ahli merekomendasikan orang mengikuti pedoman yang baru-baru ini diperbarui oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

“Menurut revisi pedoman CDC baru-baru ini, jika seseorang memiliki Covid-19, setelah lima hari, mereka bisa keluar dari isolasi dan mengenakan masker,” kata Dr William Schaffner, pakar penyakit menular di Vanderbilt University, kepada Healthline, dilansir Kamis (13/1/2022).

Hal ini didasarkan pada data yang telah terakumulasi dengan kuat. Kemampuan penularan virus lebih tinggi selama satu atau dua hari setelah dinyatakan positif. Kemudian pada hari ketiga, penderita bisa merasakan gejala yang semakin kentara.

Para ahli meyakini kebanyakan orang tidak menularkan virus setelah 10 hari pasca dites positif atau mengalami gejala Covid-19. Terlebih pedoman baru dari CDC telah mempersingkat waktu isolasi menjadi hanya lima hari dengan catatan tetap memakai masker.

Pedoman CDC juga mengatakan, seseorang dapat melanjutkan rutinitas rutin mereka setelah 10 hari diagnosa positif Covid keluar. Sebab, menurut para ahli, sudah tidak ada lagi kemampuan virus untuk menularkan ke orang lain. 

Para ahli menambahkan, penting untuk mempertimbangkan vaksinasi dan risiko tinggi jika hendak merencanakan pertemuan.  

Setelah periode isolasi lima hari, penderita dapat meninggalkan isolasi tetapi wajib mengenakan masker selama lima hari berikutnya.

Setelah hari pertama gejala muncul atau hasil tes positif bagi mereka yang tidak menunjukkan gejala. Para ahli mengatakan perubahan dari isolasi 10 hari ini masuk akal, mengingat kebanyakan orang tidak lagi menularkan Covid-19 dalam 10 hari.

“Hari pertama infeksi jika tidak menunjukkan gejala, ada risiko penularan 60 persen, sedangkan pada hari ke 5, ada sekitar 10 hingga 20 persen risiko penularan. Jadi berkurang seiring waktu,” kata Dr Dean Blumberg, kepala Pediatric Infectious Diseases di University of California Davis.

Waktu 10 hari yang awalnya digunakan CDC adalah perkiraan yang relatif konservatif. Untuk sebagian besar orang, tidak menularkan setelah 10 hari. Mempersingkat isolasi juga bertujuan mengurangi risiko penularan lebih lanjut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement