Rabu 12 Jan 2022 19:00 WIB

Tenggorokan Gatal, Perih, Sampai Susah Menelan Jadi Tanda Awal Terinfeksi Omicron

Gejala awal infeksi omicron dapat terasa di tenggorokan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit tenggorokan biasa terasa berbeda dengan gejala Covid-19. Infeksi omicron memunculkan gejala awal di tenggorokan.
Foto:

Data dari aplikasi ZOE menunjukkan orang yang terkena varian omicron biasanya menunjukkan gejala dalam waktu 48 jam setelah terpapar. Gejala itu termasuk pilek, tenggorokan kering atau gatal, sakit kepala, kelelahan, dan bersin.

photo
Infografis Gejala Omicron Muncul Setelah 48 Jam - (republika.co.id)

Nyeri punggung bawah, nyeri otot, dan keringat malam juga merupakan gejala utama infeksi omicron. Namun, Prof Tim Spector dari King's College London,mengatakan, setiap orang perlu menyadari bahwa gejala omicronnya telah berubah menjadi penyakit yang lebih ringan seperti pilek.

Para ahli di ZOE telah menyusun daftar 21 gejala Covid-19 teratas dan merilis 10 urutan teratas. Karena varian telah berkembang dan berubah, daftar ini juga telah berubah. Gejala teratas yang harus diwaspadai saat ini adalah:

- pilek

- sakit kepala

- bersin

- sakit tenggorokan

- batuk terus-menerus

- kelelahan

- hilang fungsi indra perasa dan penciuman

Para ahli juga telah memperingatkan bahwa berbagai ruam kulit juga muncul pada orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 varian omicron. Orang yang melaporkan gejala itu mengatakan bahwa mereka mengalami gatal-gatal yang datang tiba-tiba.

Infeksi, seperti virus penyebab Covid-19, dapat menyebabkan gatal-gatal pada beberapa orang. Insidennya lebih sering terjadi pada anak-anak. Penting untuk diketahui bahwa berbagai infeksi, termasuk flu biasa, juga dapat memicu gatal-gatal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement