Senin 10 Jan 2022 17:51 WIB

Vaksin Covid-19 Zifivax Diizinkan untuk Booster

Vaksin Zifivax sudah memiliki sertifikai halal dan suci dari MUI.

Vaksin Zifivax sudah memiliki sertifikai halal dan suci dari MUI (Foto: ilustrasi)
Foto:

Berdasarkan hasil studi lainnya juga ditemukan, vaksin Zifivax mampu meningkatkan kadar neutralizing antibody pada subyek yang tingkat kekebalannya mulai menurun hingga hampir 50 kali lipat. Dengan demikian, vaksin Zifivax aman dan baik digunakan sebagai dosis utama maupun dosis penguat atau booster.

Direktur operasional PT. Biotis Pharmaceuticals Idonesia (Biotis) Rakesh Deoddut Vyas, menyatakan Vaksin Zifivax telah siap diproduksi Fill and Finished di Pabrik PT. Biotis yang berlokasi di Gunung Sindur Kabupaten Bogor Jawa Barat. Persiapan PT. Biotis sudah rampung setelah 5 bulan terakhir secara intens melakukan kerjasama dengan PT JBIO dan Anhui Loncom China. Kami sdh mulai melakukan “transtech” dengan Anhui sejak 5 bulan lalu.

Semua protokol operasi Quality dan Produksi serta handling transfer bulk vaksin Zifivax telah dipersiapkan dengan matang. Menurut Rakesh, Anhui dalam waktu dekat akan mengirimkan 9 orang tenaga ahli Dibidang Quality dan Produksi untuk membantu Tim Biotis dan JBIO, sehingga proses alih teknologi untuk produksi vaksin zifivax benar-benar terjadi di Indonesia.

Proses produksi Fill and Finished batch pertama juga sudah dapat dilakukan pada minggu terakhir Bulan Januari 2022. Sesuai dengan Time Line produksi perusahaan, produksi secara komersial akan dimulai pertengahan Pebruari 2022 dengan kapasitas fill and finished PT. Biotis saat ini berada disekitar 30 juta dosis per bulan atau 360 juta dosis per tahun.

"Kapasitas ini akan terus kami tingkatkan sejalan dengan rencana produksi Vaksin Covid-19 platform inactivated Merah Putih hasil kerjasama dengan UNAIR yang akan dilakukan sekitar bulan Juni/Juli dan Agustus 2022," ujarnya.

"Secara prinsip kami selaku perusahaan swasta Nasional telah siap berkontribusi membantu pemerintah RI untuk penyediaan vaksin Covid-19 dan vaksin lainnya. Sesuai dengan komitmen kami adalah ingin menjadi perusahaan terkemuka dibidang farmasi yang memberikan makna bagi Indonesia," tambah Rakes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement