Rabu 05 Jan 2022 15:58 WIB

'Flurona': Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Vaksin Influenza dan Covid-19

Flurona alias kasus flu serentak dengan Covid-19 dialami seorang ibu hamil di Israel.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Penderita flurona (Ilustrasi). Flurona terjadi ketika seseorang dites positif Covid-19 dan menderita influenza.
Foto:

Mengapa 'flurona' muncul?

Flurona dideteksi pada ibu hamil di Israel yang tidak divaksinasi. Ibu tersebut menunjukkan gejala ringan ketika diuji di Beilinson Hospital di Petach Tikva.

Para ahli di Israel mengklaim masih ada orang lain yang juga terinfeksi kedua virus, tetapi belum didiagnosis. Profesor Arnon Vizhnitser, direktur Departemen Ginekologi rumah sakit mengatakan tahun lalu, tidak ada kasus flu di antara ibu hamil atau melahirkan. Tetapi sekarang ia melihat kasus virus corona dan flu yang mulai muncul kembali.

"Kami melihat semakin banyak ibu hamil dengan flu," ujar Arnon, dilansir The Sun, Rabu (5/1/2022).

photo
Gejala Covid-19 - (Republika)

Fenomena ini jelas merupakan tantangan besar karena para ibu mengalami demam saat melahirkan. Hal itu terutama jika belum terdeteksi apakah itu virus corona atau flu, jadi awalnya mengira penyakit yang dialami adalah sama. Sebagian besar penyakit yang dialami adalah berkaitan dengan pernapasan.

Apa ini berbahaya?

Prof Vizhnitser mengatakan, pasien tidak mengalami gejala yang parah atau tidak biasa. Diagnosis diterima saat pasien tiba di rumah sakit.  "Dia didiagnosis flu dan virus corona segera setelah dia tiba," kata Prof Vizhnitser.

Kedua tes Covid-19 atau flu menunjukan sama-sama positif, bahkan jika diulang kembali. Penyakitnya sama, virusnya membuat sesak napas karena sama-sama menyerang saluran pernapasan atas.

Kementerian Kesehatan Israel mengatakan, pihaknya sedang mempelajari kasus tersebut untuk menentukan apakah kombinasi dari dua infeksi dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Namun, sejauh ini ibu yang dinyatakan positif flurona telah merespons pengobatan dengan baik dan hanya mengalami gejala ringan. Kabarnya, dia akan dipulangkan dalam waktu sepekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement