Rabu 22 Dec 2021 10:10 WIB

Cara Sederhana Merawat Kemeja

Saat membeli pakaian, pengguna harus memperhatikan cara merawatnya.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Qommarria Rostanti
Cara aman merawat kemeja formal (ilustrasi).
Foto: ©artofmenlines.com
Cara aman merawat kemeja formal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Saat membeli pakaian, pengguna sebenarnya harus tetap memperhatikan cara perawatannya terutama saat mencucinya. Langkah ini penting dilakukan agar pakaian yang dimiliki bisa tetap awet dan nyaman digunakan. 

Sebagai langkah awal, ada beberapa tips sederhana merawat pakaian terutama kemeja seperti dilansir di laman nytimes.com, Rabu (22/12):

Baca Juga

1. Perhatikan bagian dalam kerah

Pemilik perusahaan baju, Anne Marie Colban, mengatakan, pengguna kemeja harus memperhatikan bagian dalam kerah. Pasalnya, di tempat itulah noda dari produk kulit seperti losion atau riasan menempel. Sebab itu, pemakai kemeja harus memastikan untuk segera mencucinya terutama sebelum menggantung baju di lemari.

2. Hindari pengering

Menurut Colban, pengering akan memecah serat kain dan menyebabkan pakaian menyusut serta cepat rusak. Sebagai gantinya, cukup keringkan dengan udara di gantungan kayu. Lebar hanger tidak boleh melebihi lebar bahu baju. Kemudian pastikan bagian bahu diletakkan dengan baik di gantungan untuk membatasi kerutan.

3. Perhatikan saat menyetrika

Untuk menyetrika kemeja, Coban memperingatkan pengguna agar tidak menyetrika benar-benar kering. Lebih baik menyetrika baju saat masih lembap. Jika perlu, semprotkan dengan air sehingga bisa membuat menyetrika lebih mudah.

4. Simpan dengan baik

Sebelum menggunakan kemeja, pastikan pemakai telah mengancingkan kemeja sepenuhnya. Kemudian letakkan pita plastik atau karton di dalam kerah untuk membantu menopang kerah dan mempertahankan bentuknya. 

Dengan bagian depan kemeja menghadap ke bawah, letakkan selembar kertas atau kertas tisu di bagian belakang kemeja sebelum melipatnya. Gunakan softcase ini untuk menjaga kemeja dalam kondisi baik. Tahap terakhir saat menumpuk kemeja, jangan lupa untuk ganti arah kemejanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement