Ahad 12 Dec 2021 16:38 WIB

Resep Baru, Infused Water Rasa Rempah, Buah, dan Sayur

'Infused water' dari rempah, buah, dan sayur membuatnya kaya nutrisi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Nora Azizah
'Infused water' dari rempah, buah, dan sayur membuatnya kaya nutrisi.
Foto: www.wikimedia.com
'Infused water' dari rempah, buah, dan sayur membuatnya kaya nutrisi.

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Menjaga kesehatan semakin penting hari ini ketika banyak penyakit yang bertebaran. Karenanya, selain olahraga, penting mengonsumsi makanan dan minuman sehat terdiri dari makanan pokok, lauk, sayur, buah dan susu sebagai pelengkap.

Makanan atau minuman suplemen dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dalam aktivitas. Kini, banyak suplemen makanan atau minuman yang dibuat dari bahan non-herbal yang dikhawatirkan menimbulkan efek kurang baik bagi tubuh manusia.

Baca Juga

Sekelompok mahasiswa/i Pendidikan Sosiologi FIS Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat minuman untuk menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Diberi nama Inter Rasa, akronim infused water, rempah, buah dan sayuran.

Ada Irfan Hermawan, Mustika Natalia, Ayomi Kusumaningrum, Mirda Yanti dan Anisa Nurul Chusna. Irfan mengatakan, minuman buatan mereka terbuat dari bahan-bahan alami seperti buah, sayur, dan rempah-rempah yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

"Dengan proses pembuatan yang bersih, higienis dan terjamin kesehatan produknya serta halal untuk dikonsumsi. Apalagi, rempah-rempah bermanfaat karena memiliki peran penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata Irfan, Jumat (10/12).

Tanaman yang dapat dikonsumsi untuk imunitas tubuh antara lain temulawak, jahe dan kunyit. Kunyit meningkatkan kekebalan tubuh, antioksidan dan antimikroba, jahe penguat kekebalan tubuh dan temulawak bermanfaat menjaga kesehatan lever.

Mengonsumsi tanaman itu dalam bentuk jamu secara teratur berpotensi mencegah penularan berbagai mikroba, termasuk virus dan bakteri. Mustika menerangkan, produk ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan aroma yang menyegarkan.

Perpaduan buah, sayuran dan rempah yang diproduksi dalam bentuk minuman jenis infused water bertoping aneka buah segar yang dihaluskan bersama jelly. Juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K dan vitamin B6 dari kandungan buah.

Bahan yang dibutuhkan ada buah naga, mangga, timun, jahe, lemon, kayu manis dan daun mint. Cuci bersih, kupas mangga, timun dan jahe dan dipotong dadu. Siapkan wadah berisi air matang yang sudah bersih dan tuangkan mangga, timun serta jahe.

"Wadah ditutup, letakkan dalam lemari es 4-6 jam. Siapkan buah naga yang telah dicuci bersih, air matang dan bubuk jelly. Potong kotak-kotak buah naga, saring, masukkan dalam panci berisi air matang dan tambahkan bubuk jelly," ujar Mustika.

Masak hingga matang dengan api kecil. Tuang dalam wadah dan tunggu dingin dan masukkan lemari es. Cuci bersih daun mint, kayu manis dan lemon. Potong lemon bulat, daun mint digeprek dan kayu manis yang sudah direndam air panas.

Siapkan madu dan potongan jelly. Siapkan botol dan isi dengan jelly buah naga, tuang madu dua sendok makan, lemon, kayu manis dan daun mint, campur air infused water yang disimpan di lemari es, tuang dalam botol, Inter Rasa siap dinikmati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement