Ahad 12 Dec 2021 05:18 WIB

Wajah Baru Alun-Alun Garut Diresmikan Tahun Depan

Pendopo dan Babancong akan menyesuaikan dengan wajah baru Alun-Alun Garut.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ilham Tirta
Bupati Garut, Rudy Gunawan.
Foto: Diskominfo Garut.
Bupati Garut, Rudy Gunawan.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bupati Garut, Rudy Gunawan mendampingi Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil saat meninjau secara langsung perkembangan pembangunan revitalisasi Alun-Alun Garut di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (11/12). Rudy menyampaikan, pihaknya juga akan melakukan penataan Pendopo dan Babancong, menyesuaikan dengan wajah baru dari Alun-Alun Garut.

"Ya tahun depan, babancong dan pendopo disesuaikan dengan wajah baru alun-alunnya," kata dia, melalui keterangan resmi, Sabtu (11/12).

Baca Juga

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan, wajah baru dari Alun-Alun Garut kemungkinan akan diresmikan pada 2022. Menurut dia, wajah baru Alun-Alun Garut akan lebih bagus dibandingkan sebelumnya.

Ia menjelaskan, revitalisasi Alun-Alun Garut dilakuskan sesuai arahan langsung darinya. Salah satunya dengan adanya pemasangan lampu di empat sisi dari Alun-Alun Garut.

"Intinya kan dibanding yang terdahulu ya, ini lebih bagus, jauh lebih cerah gitu kan, dan pas arahan saya dikasih lampu empat sisi kayak lampu stadion. Jadi alun-alun itu bisa ramai juga dengan cara yang baik di malam hari, apalagi ada masjid," kata dia.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memberikan dukungan yang sangat besar kepada Kabupaten Garut. Harapannya, agar ada wajah baru dari daerah yang terkenal dengan dodolnya itu.

"Jadi dukungan Pemprov sangat besar, banyak ke Garut supaya ada wajah baru," ujar dia.

Jadi Titik Nol

Rudy menyampaikan, Alun-Alun Garut merupakan titik nol kilometer di Kabupaten Garut. Selain menjadi titik nol kilometer bagi Kabupaten Garut, Alun-Alun Garut juga menjadi satu simbol tersendiei bagi suatu pemerintah.

"Jadi ini adalah kilometer nol Garut itu adalah di sini (Alun-Alun). Ini adalah pusat di mana masyarakat menjadikan alun-alun bagian dari satu simbol bagi suatu pemerintah daerah, saya bergembira ini tepat waktu karena di Garut ini kebanyakan tidak tepat waktu," kata dia.

Ia juga memaparkan, nantinya Alun-Alun Garut akan dikelola secara baik. Pihaknya akan menginstruksikan dinas terkait untuk mengurus kebersihan di Alun-Alun.

Rudy berencana, Alun-Alun Garut akan diresmikan di Hari Jadi ke-209 tahun Kabupaten Garut (HJG). "Tanggal 16 Februari ini akan dijadikan pertama kali (diresmikan) dalam rangka HUT ke-209 Garut. Mudah-mudahan sudah diizinkan dengan level Garut yang nanti insyaallah sudah level 1," kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement