Kamis 09 Dec 2021 14:10 WIB

Fauci: Infeksi Omicron Hampir Pasti tak Lebih Parah dari Delta

Melihat indikasi awal, Fauci yakin omicron tak akan lebih parah daripada delta.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
 Pakar penyakit menular AS dr Anthony Fauci menyebut indikasi awal menunjukkan infeksi varian omicron tidak akan lebih parah delta.
Foto:

Fauci juga mengatakan bahwa percobaan laboratorium lebih lanjut yang menguji potensi antibodi dari vaksin Covid-19 saat ini terhadap omicron diharapkan keluar dalam beberapa hari mendatang. Sementara itu, Pfizer -BioNTech mengklaim bahwa mereka menawarkan perlindungan yang lebih kuat dengan suntikan booster-nya.

 

photo
Gejala Ringan tak Lazim Pasien Omicron - (Infografis Republika.co.id)

CEO Pfizer Albert Bourla mengatakan bahwa dosis ketiga akan cukup untuk "mempertahankan perlindungan" terhadap omicron. Hal ini karena masih ada "nilai luar biasa" bagi mereka yang hanya mendapatkan satu atau dua dosis vaksin.

"Ada nilai yang luar biasa dibandingkan jika Anda hanya memiliki satu atau jika tidak memilikinya. Nilai yang luar biasa. Itu mungkin tidak cukup untuk dirinya sendiri, tetapi kami menunggu untuk melihatnya," kata Bourla, dalam acara TV Today yang tayang di NBC.

Bourla menyebutkan, orang yang memenuhi syarat sudah mulai bisa mendapatkan booster. Kendati demikian, mendapatkan vaksin dua kali pun sudah jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

"Suntikan ketiga lebih cepat dan itu adalah sesuatu yang dipertimbangkan dengan sangat hati-hati dari sebuah rekomendasi. Tapi, jelas, dua dosis dapat melindungi jauh lebih baik daripada tidak sama sekali," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement