Kamis 02 Dec 2021 00:15 WIB

Beda Gejala Covid-19 Akibat Varian Omicron Vs Delta

Varian omicron menimbulkan gejala Covid-19 yang berbeda dengan varian delta.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Gambar pertama varian omicron dirilis oleh pakar dari ANSA, Italia. Peneliti membandingkan mutasi yang terjadi pada spike protein omicron dibandingkan dengan varian delta. Gejala Covid-19 yang ditimbulkan kedua varian berbeda.
Foto:

Orang yang telah divaksinasi pun dapat menularkan virus, bahkan ketika mereka tidak menunjukkan gejala. Inilah yang membuat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat merevisi panduan maskernya dengan merekomendasikan agar semua orang memakai masker di dalam ruangan di tempat umum.

photo
Gejala Covid-19 terkait varian Delta. - (Republika)

"Orang yang divaksinasi juga menularkannya, meski tidak jelas sejauh mana," kata dr Anthony Fauci selaku kepala penasihat medis Presiden Joe Biden.

Penelitian digagas oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan orang yang tidak divaksinasi 29 kali lebih berisiko dirawat di rumah sakit jika kena Covid-19. Temuan CDC juga mengungkap seseorang berisiko lima kali lebih mungkin tertular Covid-19 jika belum divaksinasi.

Kedua risiko itu jika dibandingkan dengan pasien lain yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap. Temuan itu diterbitkan di jurnal akademis Morbidity and Mortality Weekly Report dari CDC. Studi tersebut meninjau data 43.127 kasus di Los Angeles County sepanjang periode 1 Mei hingga 25 Juli 2021.

"Data ini mengingatkan bahwa jika Anda belum divaksinasi, Anda termasuk di antara mereka yang paling berisiko," kata Direktur CDC Rochelle Walensky dalam pengarahan di Gedung Putih pada Agustus lalu (24/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement