Rabu 01 Dec 2021 00:22 WIB

Urutan Booster Vaksin Terbaik untuk Tangkal Omicron

JCVI sebut vaksin merek tertentu lebih andal sebagai booster dalam tangkal omicron.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Gambar pertama varian omicron vs delta dirilis oleh pakar dari ANSA, Italia. JVCI mengungkapkan urutan vaksin yang cocok untuk digunakan sebagai booster dalam menghadapi varian omicron.
Foto:

Mutasi yang mengkhawatirkan

Varian omicron diketahui memiliki banyak mutasi pada bagian spike protein-nya. Ahli menilai, mutasi membuat varian ini lebih mudah menginfeksi orang yang sudah divaksinasi dan berpotensi menurunkan proteksi vaksin hingga 40 persen.

Varian omicron merupakan varian yang paling berkembang dengan total 50 mutasi. Sebanyak 32 mutasi di antaranya dinilai mengkhawatirkan.

Beberapa ahli membandingkan varian omicron dengan varian beta yang ditemukan pertama kali di Afrika Selatan pada akhir 2020. Varian beta diketahui dapat menurunkan efikasi vaksin Covid-19 sebanyak 30-40 persen.

Sementara itu, varian delta yang dikhawatirkan dapat menghindari vaksin dengan tingkat penularan yang tinggi, ternyata tidak demikian. Diharapkan bahwa omicron juga demikian.

"Bisa jadi kita tidak perlu memperbarui vaksinasi," jelas David Kennedy, yang mempelajari evolusi penyakit menular di Penn State University, AS.

Di sisi lain, Direktur Rosalind Franklin Institute, Prof James Naismith, menilai omicron hampir pasti akan membuat vaksin menjadi kurang efektif. Alasannya, varian ini tampak mirip dengan varian lain bernama B.1.1.

"Tampaknya varian ini menyebar lebih cepat, tapi kita belum mengetahui itu," jelas Prof Naismith.

Baca juga : Cegah Infeksi Omicron, Perlukah Vaksin Dosis Ketiga?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement