Selasa 30 Nov 2021 06:40 WIB

Pernah Kena Covid-19, Orang Lebih Rentan Terhadap Omicron

Dibandingkan varian lainnya, Omicron lebih mungkin bikin reinfeksi Covid-19.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Tes PCR Covid-19. WHO telah menyatakan tes PCR dapat mendeteksi infeksi yang disebabkan oleh varian omicron. Penyintas Covid-19 lebih rentan terkena infeksi ulang akibat varian omicron.
Foto:

Mereka yang menolak untuk mengikuti aturan pencegahan Covid-19 di toko-toko dan di transportasi umum dapat menghadapi denda hingga 6.000 poundsterling (Rp 114,5 juta). Ada delapan kasus omicron yang dikonfirmasi di Inggris sampai saat ini.

Kasus diperkirakan akan tumbuh secara eksponensial. Dalam acara di Good Morning Britain ITV, Profesor Amitava Banerjee, seorang konsultan ahli jantung, mengatakan perlunya mencoba mengurangi penyebaran dan tingkat infeksi. Ia menyerukan pentingnya masker wajah untuk dipakai di ruang tertutup.

Sebelumnya, WHO telah menegaskan bahwa virus memiliki penularan "tinggi". Para peneliti masih perlu mengungkap seberapa virulen omicron atau seberapa buruk penyakit itu dapat membahayakan orang.

Masih perlu waktu untuk mengetahui apakah vaksin yang ada dapat melindungi terhadap omicron seperti halnya untuk varian lain.

"Belum jelas apakah infeksi omicron menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan dengan infeksi dengan varian lain, termasuk delta," demikian pernyataan WHO, dilansir Express.co.uk, Senin (29/11).

Data awal menunjukkan bahwa ada peningkatan tingkat rawat inap di Afrika Selatan. Tetapi ini mungkin karena meningkatnya jumlah keseluruhan orang yang terinfeksi, bukan akibat infeksi spesifik dengan omicron.

Tingginya kasus Covid-19 di Afrika Selatan juga terkait dengan belum tingginya cakupan vaksinasi. Saat ini, tidak ada informasi yang menunjukkan bahwa gejala yang terkait dengan omicron berbeda dari varian lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement