Kamis 25 Nov 2021 05:30 WIB

Dokter Sarankan Vaksinasi Influenza Setahun Sekali

Vaksin influenza disarankan terutama bagi orang yang hendak ke negara empat musim.

Vaksin influenza (Ilustrasi). Influenza yang disebabkan oleh virus influenza biasanya bergejala lebih parah.
Foto:

Erwanto menjelaskan, virus influenza di Indonesia hidup sepanjang tahun dan bertambah banyak pada musim hujan. Vaksin influenza pun dianjurkan dilakukan untuk mengurangi potensi penularan virus ini maupun mengurangi gejala yang ditimbulkan.

"Jadi, gejala flu bisa disebabkan virus influenza itu sendiri dan virus lain yang gejalanya tidak terlalu berat. Di musim pancaroba kita mesti hati-hati menjaga kondisi agar tidak mudah sakit dan yang paling penting adalah kelompok-kelompok berisiko," katanya.

Vaksin influenza dianjurkan terutama untuk pasien komorbid, penyakit paru menahun, asma, dan untuk anak-anak. Pada balita, vaksin influenza bisa mulai diberikan kepada bayi berusia enam bulan.

"Khusus untuk dewasa tidak ada batasan usia, tapi dilihat dulu apakah butuh. Kalau butuh ada kemungkinan kontra indikasi tidak, kalau tidak ada ya silahkan," katanya.

Untuk orang dewasa, vaksin influenza biasanya disuntikkan satu kali. Sementara itu, sementara untuk anak-anak vaksin disuntikkan dua kali dalam setahun.

"Karena antibodi anak akan cukup sesuai kebutuhan setelah dua kali itu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement