Rabu 24 Nov 2021 00:52 WIB

Vaksin Pfizer Efektif 100 Persen Cegah Covid-19 pada Anak

Vaksin Pfizer efektif 100 persen cegah Covid-19 pada anak setelah empat bulan.

Vaksin Pfizer efektif 100 persen cegah Covid-19 pada anak setelah empat bulan.
Foto:

Kemungkinan percobaan Fase III ini tidak cukup besar untuk mendeteksi efek samping yang langka ini. Namun, analisis terbaru dari data vaksinasi dunia dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan sekitar enam dari setiap 100 ribu pria berusia antara 12 dan 17 tahun melaporkan miokarditis ringan, setelah vaksinasi mRNA.

Analisis CDC menunjukkan kasus miokarditis ini sebagian besar ringan dan sembuh dengan cepat. Plus, CDC menunjukkan, efek samping ini sangat jarang sehingga remaja masih lebih mungkin menderita Covid-19 parah dan rawat inap daripada mengalami miokarditis akibat vaksinasi.

Pfizer berencana mengirimkan data ini ke FDA sebagai bagian dari pengajuannya untuk persetujuan penuh vaksin dalam kelompok usia ini. Pada Mei, FDA mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat Pfizer untuk vaksinnya pada usia 12 hingga 15 tahun. 

Pada Agustus, vaksin ini menerima persetujuan pasar untuk semua orang yang berusia di atas 16 tahun. Sejumlah negara di seluruh dunia dengan aman memberikan vaksin Covid-19 Pfizer kepada anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun selama berbulan-bulan, termasuk Kanada, Singapura, dan beberapa negara Eropa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement