REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan konsep livestream sales, TikTok Shopping, sebuah rangkaian solusi, fitur, dan tools yang memungkinkan bisnis untuk engage dengan pelanggan dan memaksimalkan potensi e-commerce di TikTok, mengajak pengguna untuk terlibat secara lebih dekat dengan brand dan kreator yang ikut memeriahkan TikTok Shopping 11.11 pada pekan lalu.
Selama periode TikTok Shopping 11.11, GMV secara keseluruhan pada sesi livestream terjadi peningkatan sebesar 439 persen dibandingkan dengan periode tanpa campaign.
Pengguna, brand, dan kreator konten memiliki cara yang menyenangkan untuk berpartisipasi selama periode TikTok Shopping 11.11. Salah satu cara pengguna dapat lebih berinteraksi dan terlibat adalah diberlakukannya voting untuk kreator konten favorit.
Ria Ricis (@riaricis), Gisella Anastasia (@gisel_laaa), dan Luna Maya (@lunamaya) adalah kreator terpopuler yang disukai dan dipilih konsumen. Sementara itu, JDID (@jdid_official), Oktaviana Tas Grosir (@oktavianatasgrosir), dan MTE (@mte.id) menjadi brand dengan performa penjualan terbaik.
Untuk kreator livestream dengan performa terbaik dipegang oleh @teriyuloh, @ayyussyaida, dan @rerecimout pada brand and creator ranking competitions, program utama lain dari TikTok Shopping 11.11.
"Ikut serta dan terpilih sebagai kreator livestream untuk program TikTok Shopping 11.11 ini bisa menjadi cara kreator untuk menumbuhkan akun mereka dan mendapatkan lebih banyak followers serta views," kata Ria Ricis dalam rilisnya, Senin (22/11).
Tentunya, berkolaborasi dengan brand dan juga berinteraksi dengan pengguna sepanjang program ini turut membantu saya sebagai kreator dalam meningkatkan kualitas konten," kata Ria Ricis.
Menambah keseruan selama berbelanja, pengguna TikTok sangat antusias untuk mendapatkan produk favorit dan mendukung brand favorit yang melakukan livestream.
Produk terlaris selama TikTok Shopping 11.11 adalah MyOne Parfum Whitening Body, Changhong Smart TV, Xiaomi Redmi 10, TCL Smart LED TV, dan minyak goreng Rose Brand. Brand juga mengalami peningkatan penjualan selama program berlangsung.
E-commerce JDID, Akulaku, dan FYC After Sales mencapai GMV tertinggi selama TikTok Shopping 11.11, dengan peningkatan GMV sebesar 28, 19, dan 4 kali lipat dibandingkan periode tanpa campaign (27 September-3 Oktober 2021).
Berlangsung mulai dari 3 November hingga 13 November 2021, TikTok Shopping mencatat pertumbuhan views dengan peningkatan hingga 97 juta views livestream. Sementara itu, berbagai sesi livestream mencapai total durasi live hingga 40 ribu jam.
Hal ini ikut berpengaruh pada peningkatan kepopuleran kreator yang menjadi livestreamer untuk program TikTok Shopping 11.11. Gisella Anastasia (@gisel_laaa) mengalami peningkatan GMV sebesar 2,259 kali, sementara Kohcun (@kohcun), Ria Ricis (@riaricis), dan Shilvia Tan (@shilvia_tan1688) mengalami peningkatan GMV hingga sekitar 3 kali lipat dibandingkan periode di luar kampanye (27 September-3 Oktober 2021).
Untuk terus mendukung para brand dan kreator, TikTok Shopping 12.12 akan kembali diadakan pada Desember mendatang, tentunya dengan berbagai program dan promo yang tidak kalah menarik.