Rabu 17 Nov 2021 15:50 WIB

Masker Medis Kini Bisa Dipakai Berulang Kali

Penelitian sebut masker medis kini bisa dipakai berulang kali dengan dipanaskan.

Penelitian sebut masker medis kini bisa dipakai berulang kali dengan dipanaskan.
Foto:

Jangan terlalu panas

Sangat penting untuk memastikan masker melewati proses pemanasan. Namun karena lapisannya yang tipis, rekan studi Yap mengatakan bahwa jika panasnya terlalu tinggi, serat polimer yang membentuk sebagian besar masker akan meleleh. Ini telah dibuktikan peneliti seperti pada sampel mereka. 

“Pada sekitar 125 celcius, lapisan filter (tengah) di masker mulai berubah bentuk, dan pada 160 celcius mencair. Ada garis tipis ketika Anda mulai mendekati titik leleh material,” ujar dia.

Tak hanya suhu, waktu pemanasan juga peu tepat. Jika dengan suhu 70 derajat, membutuhkan waktu lima menit, bahkan jika sanpai 30 menit pun tidak akan membuat perubahan secara signifikan.

Preston mengatakan, kekurangan APD tetap menjadi masalah di banyak bagian dunia. Metode sederhana dan efektif untuk mendekontaminasi masker dapat membantu banyak orang. Namun, solusi untuk menggunakan kembali masker bukanlah satu-satunya cara terhindar dari paparan virus.

“Saya tidak ingin mengklaim bahwa inaktivasi termal virus yang distabilkan pada permukaan akan menjadi kontributor utama untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Virus masih akan menyebar melalui droplet yang menular dari satu orang ke orang lain. Masker dapat mencegahnya, dan dekontaminasi merupakan tindakan pencegahan sekunder untuk membatasi penyebaran.

Rekan penulis tambahan berasal dari University of Texas Medical Branch, Galveston, dan Rice. Penelitian itu didanai oleh National Science Foundation. 

Baca juga : 7 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Menurut Cleveland Clinic

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement