Selasa 16 Nov 2021 16:40 WIB

Artis yang Hampir Perankan Neo di Film The Matrix

Keanu Reeves bukan pilihan pertama untuk memerankan karakter Neo.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor dan aktris yang hampir memerankan karakter Neo di film The Matrix (ilustrasi).
Foto: REUTERS/Toby Melville
Aktor dan aktris yang hampir memerankan karakter Neo di film The Matrix (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Pada 1999, dunia diperkenalkan dengan visi sutradara Wachowski bersaudara tentang The Matrix. Ini menjadi salah satu film klasik Hollywood yang langka, yang memicu imajinasi penonton dan pembuat film. Ini bukan film pertama Keanu Reeves di genre cyberpunk, tapi itu mungkin perannya yang paling menonjol sampai menjadi pensiunan pembunuh bayaran di John Wick.

Setelah rilis, film ini menginspirasi belasan "peniru" dan menetapkan standar baru untuk film aksi Amerika. Ini juga mempopulerkan sejumlah kiasan, visual, istilah, dan frasa yang baru saja menjadi bagian dari budaya kita sekarang. Misalnya, red pilled, berpose di bullet time, dan meme bahwa hidup adalah simulasi. Betapa berbedanya dunia jika kita tidak pernah bertemu Neo?

Baca Juga

Namun, The Matrix hampir menjadi film sangat berbeda dari yang dikenal saat ini, bahkan Keanu Reeves bukan pilihan pertama keluarga Wachowski untuk peran Neo. Sejumlah bintang papan atas Hollywood pernah dipertimbangkan untuk peran itu. Beberapa bintang besar ditawari peran itu, tetapi menolaknya.

Dilansir di Looper pada Selasa (16/11), berikut daftar aktor dan aktris papan atas yang hampir mendapatkan peran Neo: 

 

1. Will Smith

photo
Will Smith - (EPA)

 

Superstar, rapper, dan aktor Will Smith, didekati untuk peran pemimpin super revolusioner futuristik. Smith tertarik dengan film itu, dan bertemu dengan Wachowski untuk membahas bagian tersebut. Sayangnya, pembicaraan itu tidak berjalan sebaik yang dia harapkan, seperti yang dia  ungkapkan dalam sebuah wawancara pada 2019, menjelang rilis film Disney, Aladdin.

"Ternyata, (keluarga Wachowski) jenius, tetapi ada garis tipis dalam pertemuan lapangan antara jenius dan apa yang saya alami dalam pertemuan itu," kata Smith.

Menurut Smith, saudara perempuan Wachowski tidak benar-benar menjualnya pada film yang berpotensi menghancurkan dunia, konsep genre yang menentukan, tetapi secara abstrak menggambarkan adegan aksi dan trik kamera yang mereka gunakan. Smith jelas tidak terkesan.

2. Sandra Bullock

photo
Sandra Bullock - (celebritynewsmaker.com)

 

Studio Warner Bros di balik The Matrix mengambil kesempatan besar dengan starter franchise aksi anggaran besar mereka, menyerahkan kendali kepada sepasang pembuat film yang relatif tidak berpengalaman. Untuk alasan itu, mereka ingin Wachowski memberikan nama besar dalam peran utama. Saat mereka menelusuri daftar bintang, satu nama yang muncul adalah Sandra Bullock.

Sekilas, mungkin tak terbayangkan Neo diperankan seorang wanita. Namun, produser Lorenzo Di Bonaventura membahas kemungkinan pertukaran gender. 

"Kami menemui begitu banyak orang yang saya tidak ingat. Kami mulai putus asa. Kami pergi ke Sandra Bullock dan berkata 'Kami akan mengubah Neo menjadi seorang wanita’,” ujar Bonaventura. Rupanya, Bullock tidak mengambil film itu.

3. Brad Pitt

photo
Brad Pitt - (AP)

 

Daftar nama yang telah disusun oleh keluarga Wachowski untuk mengisi peran Neo sangat panjang. Selain Will Smith dan Sandra Bullock, ada juga  Brad Pitt. 

Menurut komposer The Matrix, Don Davis, mengatakan studio menginginkan bintang besar. “(Warner Bros) menginginkan Brad Pitt. Mereka memberi tahu (keluarga Wachowski), jika Brad Pitt menerimanya, mereka akan memberi lampu hijau saat itu juga,” kata Davis.

Memiliki bintang besar jelas memberi mereka kepercayaan diri bahwa jutaan dolar yang mereka investasikan dalam gambar akan terbayar. Pitt baru saja menyelesaikan peran utamanya dalam Se7en karya David Fincher. Namun, Pitt menolak peran itu, entah karena kurangnya minat atau jadwal yang padat.

4. Leonardo DiCaprio

photo
Aktor Leonardo DiCaprio. - (EPA)

 

Dari semua nama dalam daftar ini, Leonardo DiCaprio mungkin tampak seperti pilihan paling aneh setelah Anda memikirkan lebih dalam. Saat itu, dia jauh lebih muda daripada orang-orang seperti Will Smith, Brad Pitt, dan lainnya yang sedang dipertimbangkan untuk mengambil peran tersebut. DiCaprio berusia pertengahan 20-an ketika The Matrix sedang casting.

Namun setelah ditolak oleh Brad Pitt, produser Lorenzo Di Bonaventura mengungkapkan Leonardo DiCaprio menjadi bintang besar berikutnya yang didekati untuk peran Neo. "Kami pergi ke Leonardo. Dia mengatakan ya, kami mengadakan pertemuan dengannya dan kemudian dia berkata, 'Anda tahu, saya tidak bisa membuat film efek visual lain yang baru saja menyelesaikan Titanic’,” ujar Bonaventura.

DiCaprio tidak menjadi yang terakhir dipertimbangkan, atau yang terakhir melewatkan kesempatan, ada juga nama lain, Johnny Depp, Val Kilmer, Nicolas Cage, hingga Madona.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement