Jumat 12 Nov 2021 12:25 WIB

Ikan Tuna, Kuliner Wajib Saat ke Gorontalo

Gorontalo terkenal dengan ikan tuna segarnya.

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Reiny Dwinanda
Tuna jagung pulut kreasi chef Lucky dari Brookland Coffee dihidangkan saat acara Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo-Bone Bolango di restoran Kaum Jakarta, Selasa (9/11) malam.
Foto:

Menu tuna lain yang muncul pada "Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo-Bone Bolango" adalah rujak ikan dan tuna milu dabu-dabu. Rujak ikan berisi parutan mangga muda dan pepaya muda yang dibalur dengan minyak kelapa, ketumbar, dan kelapa.

Salad segar khas Indonesia itu lalu dipadukan dengan tuna asap di atasnya. Sedangkan tuna milu dabu-dabu adalah tuna bakar yang dimakan dengan sambal dabu-dabu khas Gorontalo.

Kreasi tuna lain yang muncul adalah satai tuna yang dimakan dengan nasi kuning, ayam iloni, dam sambal rica. Dalam sepiring nasi kuning juga ada ayam iloni yang tidak boleh dilewatkan.

photo
Nasi campur dengan ayam iloni (kiri) dan satai tuna (kanan). - (Republika/Indira Rezkisari)

Pada dasarnya ayam iloni adalah ayam yang diungkep lalu dibakar. Chef Lucky menerangkan, ayam iloni diungkep dengan bumbu kemiri sangrai yang tidak diulek halus agar masih bertekstur, lalu jahe, kunyit, bawang, dan tiga macam cabai. Ayam diungkep dalam bumbu yang diberi santan dan dimasak menggunakan api kecil. Setelah empuk ayam lalu dibakar.

"Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo-Bone Bolango" adalah rangkaian menuju Festival Kabupaten Lestari 4 yang akan digelar di Gorontalo dan Bone Bolango pada 23-28 November 2021. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara luring dan daring dengan salah satu tujuannya mengenalkan komoditas unggulan kedua kabupaten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement