Senin 08 Nov 2021 14:05 WIB

Catatan Pakar Bagi Mereka yang akan Terima Booster

Para pakar memberikan peringatan bagi mereka yang akan menerima 'booster'.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nora Azizah
Para pakar memberikan peringatan bagi mereka yang akan menerima 'booster'.
Foto:

Mencampur dosis yang tepat untuk booster Moderna dan suntikan ketiga untuk individu dengan gangguan kekebalan bukan hanya teori, melainkan sudah terjadi. Menurut WVNews, pada 5 November 2021 Departemen Kesehatan Mercer County di West Virginia harus menghentikan sementara pemberian vaksin Covid-19 setelah departemen tersebut secara keliru memberikan dosis penuh vaksin Moderna sebagai suntikan penguat (booster).

Petugas kesehatan negara bagian tersebut, Ayne Amjad, mengatakan tim mereka akan berkunjung pekan depan untuk memastikan vaksin dapat diberikan dalam dosis yang tepat.

"Ini bukan sesuatu yang terjadi hanya di Mercer County, itu terjadi di wilayah lain di seluruh negara bagian," kata Amjad.

Selama pertemuan komite FDA sebelumnya untuk memilih booster Moderna, kepala terapi penyakit menular Moderna Jacqueline Miller mengakui bahwa ketentuan atau persyaratan dosis yang berbeda akan memerlukan beberapa pelaksanaan dan pendidikan. Menurutnya, perusahaan vaksin tersebut tengah bersiap untuk mengirim surat "Penyedia Perawatan Kesehatan yang Terhormat" yang menjelaskan dengan tepat bagaimana cara memberikan setiap dosis yang berbeda.

"Selain itu, lembar fakta kami akan berisi informasi terperinci dan kami memiliki pusat panggilan 24 jam untuk mendukung penyedia layanan kesehatan dalam upaya pengelolaan mereka," tambah Miller.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement