Sabtu 06 Nov 2021 14:04 WIB

Catat, Ini 6 Superfood yang Bisa Tingkatkan Imunitas

Beberapa makanan bisa membanu meningkatkan imunitas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Beberapa makanan bisa membanu meningkatkan imunitas.
Foto:

Paprika Merah

Pendiri Nutritious Life Keri Glassman mengatakan dirinya belum pernah mengalami pilek selama satu dekade terakhir karena bantuan paprika merah. Glassman mengatakan paprika merah kaya akan vitamin C yang penting bagi imunitas. Vitamin C juga dapat berperan dalam menekan tingkat keparahan dan lama dari sakit pilek. Sebagai tambahan, vitamin C juga penting bagi kolagen yang dapat menjaga kesehatan kulit.

 

Salmon

Ikan berminyak ini merupakan satu dari sedikit makanan yang dapat memberikan asupan vitamin D. Vitamin D juga sangat penting dalam meregulasi sistem imun.

Beberapa studi menunjukkan bahwa individu dengan defisiensi vitamin D memiliki kemungkinan terkena Covid-19 dua kali lebih tinggi. Enam ons potongan salmon fillet mengandung 600 IU vitamin D. Sebagai perbandingan, asupan vitamin D harian yang direkomendasikan adalah 800 IU.

Salmon pun dikenal sebagai makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan ini turut berperan dalam meningkatkan sistem imun.

 

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kedua jenis makanan ini dikenal kaya akan vitamin E. Vitamin E berperan dalam menunjang pertumbuhan sel-sel T yang penting bagi kesehatan sistem imun. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan asam lemak omega-3.

Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan adalah kenari, karena kenari memiliki lebih banyak asam alfa linoleat dibandingkan jenis kacang lain. Asam alfa linolenat turut berperan dalam meningkatkan imun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement