Sabtu 06 Nov 2021 14:04 WIB

Catat, Ini 6 Superfood yang Bisa Tingkatkan Imunitas

Beberapa makanan bisa membanu meningkatkan imunitas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Beberapa makanan bisa membanu meningkatkan imunitas.
Foto: www.freepik.com
Beberapa makanan bisa membanu meningkatkan imunitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki musim penghujan, kasus pilek dan flu biasanya menjadi semakin sering ditemukan. Beberapa makanan dapat membantu meningkatkan sistem imun agar tak mudah jatuh sakit di musim pilek dan flu ini.

"Seiring dengan proses penuaan, imunitas kita mulai menurun, namun bila kita mendapatkan nutrisi yang tepat, kita bisa membantu sistem imun kita melakukan pekerjaan mereka untuk melindungi kita dari virus-virus seperti flu," jelas ahli gizi Samantha Heller, seperti dilansir News Max, Sabtu (6/11).

Baca Juga

Terkait nutrisi, beberapa ahli mengungkapkan bahwa ada enam superfood yang dapat membantu menunjang imunitas tubuh. Berikut ini adalah keenam makanan tersebut.

 

Bluberi

Direktur nutrisi dari Physicians Committee for Responsible Medicine Susan Levin menekankan pentingnya mengonsumsi buah dan sayur dengan warna yang beragam seperti pelangi untuk meningkatkan sistem imun.  Pigmen-pigmen dari buah dan sayur yang memberikan warna-warna cerah diketahui merepresentasikan senyawa protektif yang terkandung di dalam buah dan sayur tersebut.

Warna biru gelap pada buah bluberi berasal dari kandungan anthocyanins. Senyawa ini dapat menghancurkan radikal bebas, menurunkan inflamasi, dan meningkatkan kesehatan otak. Satu cagkir bluberi bisa memenuhi 15 persen kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C dikenal sebagai nutrien yang dapat menunjang sistem imun agar bekerja optimal. Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan.

 

Ubi

Ubi memiliki beta karoten yang dapat menunjang sistem imun. Ubi pun diketahui kaya akan vitamin A dan merupakan sumber vitamin B6 yang baik. Clinical Dietitian Anna Taylor mengatakan nutrisi-nutrisi tersebut sangat penting bagi sistem pernapasan.

 

Bagi lansia, Taylor menilai ubi dapat menjadi makanan pelawan flu yang ideal. Salah satu cara penyajian yang direkomendasikan Taylor adalah memanggang ubi dengan minyak zaitun, oregano, dan lada hitam. Penambahan bahan-bahan tersebut akan semakin menunjang sistem imun.

 

Teh Hijau

Menurut metaanalisis terbaru di jurnal Molecules pada Juli, ditemukan adanya banyak bukti bahwa teh hijau bisa meningkatkan sistem imun. Manfaat ini berasal dari kandungan katekin pada teh hijau yang merupakan antioksidan dan dapat menunjang peningkatan sistem imun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement