Jumat 05 Nov 2021 07:31 WIB

5 Alasan Anda Harus Makan Buah dan Sayuran

Beriklim tropis, Indonesia dikaruniai beragam buah dan sayuran.

Rep: Haura Hafizhah, Adysha Citra Ramadhani/ Red: Reiny Dwinanda
Banyak manfaat yang bisa dipetik dari konsumsi buah-buahan dan sayuran.
Foto: Republika/Prayogi
Banyak manfaat yang bisa dipetik dari konsumsi buah-buahan dan sayuran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beriklim tropis, Indonesia dikaruniai beragam buah dan sayuran yang tersedia sepanjang tahun. Sebagian juga ada yang bisa dipanen tergantung musim.

Dikutip dari Times Now News pada Jumat (5/11), mengonsumsi buah dan sayur dapat mendatangkan banyak manfaat, bukan saja untuk kesehatan. Berikut empat alasan Anda harus makan buah dan sayur:

Baca Juga

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi alami tubuh cenderung berubah seiring dengan perubahan musim. Saat cuaca dingin, tubuh lebih rentan terhadap pilek, flu, dan kondisi kesehatan lainnya yang bisa berujung pada ketidaknyamanan.

Untuk itu, orang membutuhkan penguatan sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan penyakit dan infeksi. Tentunya, perlu vitamin C  untuk meningkatkan imunitas.

Jambu biji, pepaya, apel, dan jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Di samping itu, masih ada mangga, kiwi, dan semangka yang bisa dicoba.

2. Rahasia panjang umur

Peneliti dari Harvard University menemukan, jumlah porsi yang ideal untuk mengonsumsi sayur dan buah adalah lima porsi per hari. Lima porsi ini terdiri atas dua porsi buah dan tiga porsi sayuran.

Menurut studi terbaru yang mereka lakukan, konsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayur per hari berkaitan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Konsumsi porsi yang lebih banyak dari itu,tampak tidak berkaitan dengan semakin panjangnya harapan hidup.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement