Rabu 03 Nov 2021 07:15 WIB

Mengapa Anak Usia 5-11 Tahun Perlu Vaksin Covid-19?

Anak usia 5-11 tahun di sejumlah negara sudah diizinkan mendapat vaksin Covid-19.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Hasil uji klinis menunjukkan, vaksin Pfizer memiliki kemanjuran 90,7 persen terhadap SARS-CoV-2 pada anak usia lima hingga 11 tahun.
Foto:

Lebih dari 700 anak dan remaja di bawah 18 tahun telah meninggal sejak awal pandemi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. McCarthy mengatakan bahwa melihat banyak orang dewasa yang lebih terlindungi dengan vaksin membuat anak-anak tentu juga harus mendapatkan perlindungan serupa.

photo
Long Covid pada anak. - (Republika.co.id)

Myers mengingatkan, anak-anak juga dapat menyebarkan virus. Memberikan vaksinasi kepada mereka tentu menjadi bagian penting untuk kembali dalam kehidupan sebelum pandemi. Ia menyebut bahwa saat anak diimunisasi dari infeksi atau virus, secara otomatis itu menjadi perlindungan bagi orang dewasa yang ada di sekitar anak.

Sementara itu, anak-anak tidak selalu dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti dalam menjaga jarak dan mencuci tangan. Walaupun bergejala ringan atau tidak ada gejala sama sekali ketika kena Covid-19, mereka dapat menyebarkan penyakit kepada orang lain yang berisiko tinggi dan orang yang bisa mengalami sakit parah atau bahkan meninggal

McCarthy mengatakan, vaksinasi anak-anak membantu semua tetap aman. Ia menegaskan bahwa ini merupakan jalan keluar dari pandemi. Selama masih ada orang yang tidak divaksinasi, virus akan terus menyebar dan bermutasi.

"Vaksinasi adalah cara yang aman dan efektif untuk mendapatkan kembali kehidupan normal kita," jelas McCarthy yang merupakan dokter anak di Rumah Sakit Boston.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement