Selasa 02 Nov 2021 07:07 WIB

Sering Gatal di Area Kelamin Bisa Jadi Gejala Diabetes

Kenali gejala diabetes agar komplikasi dapat dicegah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi alat cek gula darah. Gejala diabetes ada banyak, termasuk gatal-gatal di sekitar area kelamin.
Foto:

Sementara itu, Gugus Tugas Layanan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) telah menurunkan usia yang direkomendasikan untuk memulai skrining pradiabetes dan diabetes tipe 2. Mereka menganjurkan pemeriksaan kesehatan itu pada orang-orang dewasa yang obesitas atau kelebihan berat badan dengan usia mulai 35 tahun.

"Dokter dapat mencegah komplikasi kesehatan yang serius dengan melakukan penapisan pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas untuk pradiabetes dan diabetes," kata anggota Gugus Tugas Chien-Wen Tseng dalam rilis berita, dikutip dari laman Fox News, pada akhir Agustus lalu.

Ada intervensi yang efektif untuk mencegah pradiabetes berkembang menjadi diabetes dan membantu orang dengan pradiabetes meningkatkan kesehatannya. Wakil Ketua Satuan Tugas AS, Michael Barry, menjelaskan intervensi pencegahan yang direkomendasikan untuk memerangi diabetes termasuk diet dan olahraga yang tepat.

Baca  juga : Jason Momoa Mengaku Positif Covid-19 Usai Premiere Dune

Untuk mencegah komplikasi kesehatan, NHS menyatakan bahwa obat bisa membantu menjaga kadar gula darah senormal mungkin. Anda mungkin harus meminum obat selama sisa hidup, dan obat atau dosisnya mungkin perlu diubah karena diabetes biasanya memburuk seiring waktu.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

"Insulin jarang digunakan untuk diabetes tipe 2 di tahun-tahun awal, biasanya itu dibutuhkan ketika obat lain tidak lagi bekerja," jelas NHS.

Kepatuhan minum obat

Sementara itu, hasil riset mengungkapkan, meskipun sudah mengikuti pedoman klinis dan melakukan kendali glikemik dengan benar, diabetesi sering kali tidak mampu menurunkan nilai HbA1c hingga mencapai target. Pemeriksaan hemoglobin A1c itu merupakan salah satu cara untuk mendiagnosis dan mengontrol kondisi diabetes.

Baca juga : 4 Sarapan Lezat untuk Kontrol Kadar Gula Darah Diabetisi

"Studi menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen orang dewasa dengan diabetes tipe-2 di Indonesia gagal mencapai target HbA1c di bawah tujuh persen," kata Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI) Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, awal Agustus lalu.

Mencapai target nilai HbA1c menjadi penting karena dapat mengurangi komplikasi mikrovaskuler, menurunkan angka penyakit kardiovaskular secara jangka panjang jika diterapkan pada pasien yang baru terdiagnosis, dan menurunkan angka kematian terkait diabetes. Pendekatan multifaktorial dalam penanganan diabetes tipe-2 memerlukan sejumlah pengobatan yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement