Rabu 27 Oct 2021 00:25 WIB

Operasi Pengangkatan Ginjal 33,5 Kg Terberat di Dunia Sukses

Warren Higgs menderita penyakit ginjal polikistik.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Warren Higgs, pria asal Inggris, sebelum menjalani operasi pengangkatan ginjal. Perutnya membesar akibat penyakit ginjal polikistik.
Foto:

Sebelum dioperasi, Higgs sempat berbicara kepada wartawan BerkshireLive. Dia menjelaskan rasa sakit yang terus-menerus dideritanya membuatnya sampai memerlukan dosis morfin harian.

"Sulit untuk benar-benar positif, ini penyakit yang mengerikan. Ini menyakitkan, dan lambat. Saya menyarankan siapa pun yang memilikinya untuk menjaga iman, mengubah gaya hidup mereka untuk menghadapinya, tetapi saya tidak akan berbohong, itu sangat sulit," ujar pria yang berdomisili di Windsor itu.

Menurut BBC, Rumah Sakit Universitas Oxford mengatakan, itu adalah ginjal terbesar dan terberat berdasarkan bobot yang dilaporkan. Higgs mengatakan, ginjal kanannya yang lebih besar memiliki berat sekitar 15 kilogram dengan tambahan lima kilogram cairan di atasnya.

Ginjal terberat sebelumnya di dunia diyakini adalah ginjal seberat 7,4 kilogram yang diangkat di India. Normalnya, berat ginjal laki-laki sekitar 125-170 gr.

Higgs bertahan hidup dengan menjalani cuci darah tiap dua hari. Ia berharap bisa masuk dalam daftar penerima transplantasi ginjal pada tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement