Kamis 21 Oct 2021 19:31 WIB

Langkah Sederhana untuk Kurangi Sampah Makanan

Ketahui cara menekan jumlah sampah makanan di rumah tangga.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sampah makanan (ilustrasi). Semua pihak bisa berpartisipasi dalam mengurangi sampah makanan.
Foto:

Direktur Lingkungan Hidup, Kementerian PPN/Bappenas, Dr. Ir. Medrilzam, MPE mengatakan hal kecil lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi food loss dan food waste adalah memanfaatkan perkakas seperti kulkas dengan baik. Gunakan setiap bagian kulkas dengan baik sesuai fungsinya.

Menurut Medrilzam, limbah makanan dan hilangnya pangan juga terjadi di bisnis hotel, restoran, atau wedding organizer (WO). Untuk mencegahnya, ia merekomendasikan agar makanan yang masih bisa konsumsi diselamatkan dahulu. Karena itu, pihaknya mendorong melalui kerja sama dengan gerakan food bank. "Itu jadi salah satu solusi, upayakan afirmatif dan aksi, kerja sama dengan food bank sehingga bisa mengurangi sisa makanan yang dibuang," ujarnya.

Medrilzam menjelaskan, trategi pengelolaan food loss dan food waste di Indonesia adalah melalui perubahan perilaku, pembenahan penunjang strategi pangan, penguatan regulasi dan optimalisasi pendanaan, pemanfaatan food loss and waste, serta pengembangan kajian dan pendataan food loss and waste. Stategi ini diharapkan bisa diterapkan dalam 25 tahun kedepan hingga 2045.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement