Ahad 10 Oct 2021 06:05 WIB

Tidak Sulit, Ini Cara Mudah Mengupas Udang

Sebagian orang malas membeli udang segar karena kesulitan mengupas kulitnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Sebagian orang malas membeli udang segar karena kesulitan mengupas kulitnya.
Foto: Pixabay
Sebagian orang malas membeli udang segar karena kesulitan mengupas kulitnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Udang bisa menjadi makanan atau hidangan pembuka yang sehat dan lezat. Namun, beberapa orang menahan diri untuk membeli udang mentah karena sulit mengupas kulitnya.

Nyatanya, mengupas udang bukan hal sulit. Instruktur koki di Institute of Culinary Education, Michael Garrett, membagikan tips mudah mengupas udang.

Baca Juga

Meskipun ada banyak cara memasak udang, salah satunya tanpa mengupas kulit, tetapi ada keinginan untuk menghilangkan garis gelap di bagian belakang udang sebelum memasak mereka. Garrett mengatakan, garis gelap, yang dia sebut pembuluh darah itu, adalah saluran pencernaan udang.

"Ini dihilangkan lebih karena tidak indah, bukan karena tidak aman untuk dimakan," kata Garrett dilansir Insider, dikutip Ahad (10/10). 

Dia mengatakan bahwa makan pembuluh darah tidak akan membahayakan, tetapi dalam beberapa kasus dapat menambah rasa pahit udang. Secara khusus, udang rebus atau kukus bisa menyertakan kulitnya, meski saluran pencernaannya harus dibuang terlebih dahulu. 

Chef Yasmeen Al Sawwaf membagikan tips menghilangkan saluran pencernaan dan mengupas kulit udang. Pertama tarik kepala udang, kemudian putar dan tarik di mana kepala bertemu dengan tubuh. Kedua, potong kulit udang di bagian belakang. Gunakan pisau atau gunting dapur untuk membuat sayatan agar vena terlihat.

Ketiga, buang saluran pencernaan menggunakan ujung pisau. Anda juga bisa menggunakan tusuk gigi untuk mencabutnya dengan lembut. Anda bisa memasak dengan kulitnya. 

Keempat, kupas kulit dari dagingnya. Kelima, kupas ekornya. Anda bisa melakukannya dengan cara mencengkeram cangkang dan memelintir udang sambil meremas daging ke atas. Keenam, buang cangkangnya. Anda juga bisa membiarkannya jika ingin menyimpannya untuk stok. Ketujuh, bilas udang. Bersihkan sisa saluran pencernaan. Keringkan sebelum dimasak.

Jika udang beku, cairkan dengan menempatkan wadah udang dalam semangkuk air dingin. Menjaga wadah tetap tertutup bertujuan mencegah udang menyerap air, sementara air dingin mencegah udang matang sebelum waktunya. Jika Anda tidak memasak seluruh isi wadah, maka pindahkan sebagian ke wadah beritsleting dan rendam.

“Udang yang sudah dikupas kulitnya biasanya lebih lembab dan empuk,” ujar Al Sawwaf.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement