Ahad 03 Oct 2021 04:22 WIB

Pentingnya Merawat Area Reproduksi Agar Selalu Bersih

Kesehatan area ini sangatlah penting.

Wanita sehat dapat beraktivitas dengan bahagia (ilustrasi).
Foto: Google
Wanita sehat dapat beraktivitas dengan bahagia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan merawat kebersihan area kewanitaan atau feminine hygiene. Hal ini merupakan salah satu yang harus diperhatikan oleh perempuan di Indonesia. 

Jika tidak ditangani dengan baik, area sensitif ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan reproduksi, termasuk keputihan, iritasi, dan infeksi saluran kemih (ISK). Dr. Cynthia A. Susanto, BMedSc, Sp.OG ditemui dalam webinar yang diselenggarakan oleh Andalan Feminine Care menjelaskan bahwa keputihan merupakan salah satu permasalahan kesehatan reproduksi yang paling sering dialami oleh perempuan.

“Ada dua macam keputihan yaitu tipe fisiologis yang disebabkan karena kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi serta menjelang ovulasi dan juga tipe patologis, yaitu karena adanya infeksi seperti candidiasis, atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksinya," kata dr. Cynthia, Sabtu (2/10).

Di acara yang sama, Sisilism, selaku Sexual Health Activist & Educator menjelaskan beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan reproduksi bagi perempuan. Pertama, di keseharian, pada saat selesai buang air, usap berulang dari pubic menuju perineum (bukan sebaliknya) dan bersihkan anus secara terpisah. Kemudian, bersihkan sekresi cairan di bagian vulva dan menjaganya untuk tidak lembab serta mempertahankan pHnya agar seimbang. "Apabila perlu, gunakan feminine wash khusus ketika dibutuhkan. Pilih yang tidak terlalu keras dan sudah teruji klinis. Keringkan dengan handuk atau tisu yang lembut setiap habis buang air atau setelah mandi," kata dia.

Bicara tentang kesehatan reproduksi, salah satu jenama kesehatan reproduksi di Indonesia, Andalan Feminine Care, mengusung tiga hal dalam menjaga kesehatan reproduksi. Antara lain, confidence yang dapat meningkatkan rasa percaya diri perempuan secara signifikan, happy, meningkatkan kebahagiaan bagi perempuan, in control, dapat mengurangi dan mengontrol rasa takut dan cemas karena area kewanitaan selalu terjaga kebersihannya. 

Marketing Manager DKT Indonesia Cut Vellayati mengatakan, Andalan Feminine Care Intimate Wash dengan wajah baru yang lebih segar dan modern, bisa menjadi opsi pembersih area kewanitaan bagi para perempuan aktif dan modern.

"Untuk membantu mengedukasi serta meningkatkan kualitas kebersihan area kewanitaan semua perempuan di Indonesia, Andalan Feminine Care ikut berperan serta dalam menyediakan sabun khusus area kewanitaan dengan kandungan berbagai bahan alami yang diformulasi secara khusus, antara lain; Prebiotics Concept, Natural Active Ingredients, Clinically, Gynecologically, & Hypoallergenic Tested," kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement