Sabtu 13 Nov 2021 17:28 WIB

Cemilan Sehat Ini Bantu Jaga Imun di Masa Pandemi

Menjaga kesehatan di masa pandemi wajib hukumnya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Makanan Jaga Imun Tubuh
Makanan Jaga Imun Tubuh

Menjaga kesehatan saat ini wajib hukumnya. Biar tidak gampang sakit, apalagi sampai terserang virus Covid-19.

Selain menerapkan protokol kesehatan ketat, kamu juga harus menjalankan gaya hidup sehat dan menjaga pola makan. Konsumsi makanan yang bergizi dengan porsi seimbang, serta ditambah asupan vitamin.

Ngomong-ngomong soal makanan, yang dijaga bukan hanya makanan utama saja. Memilih makanan ringan, seperti cemilan juga harus sehat atau memiliki kandungan gizi agar bantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kalau bingung, berikut ide cemilan sehat tapi tetap enak dinikmati, apalagi kalau dicampur atau di mix.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Begini Tips Jaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat Selama Pandemi

 

Makan

Cemilan sehat kismis

1. Kismis California 

Terbuat dari buah anggur yang dikeringkan secara alami, kismis memiliki rasa manis natural. Jadi, tak perlu lagi menambahkannya dengan gula atau pemanis lain.

Kismis banyak mengandung serat, potasium, zat besi, kalsium dan nutrisi lainnya. Karena kandungannya tersebut, buah anggur kering mampu mengatasi masalah pencernaan.

Selain itu, dapat mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Agar manfaat baiknya bisa kamu dapat, konsumsi kismis sebagai cemilan sehat kamu dengan porsi cukup.

2. Ubi manis kukus 

Bukan cuma menjadi sumber karbohidrat alternatif pengganti nasi, ternyata ubi menyimpan banyak serat dan vitamin, seperti mineral, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan lainnya yang baik bagi tubuh. 

Kandungan serat dalam ubi sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. Sementara, kandungan mineral dan vitamin, serta antioksidan memiliki peran penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Daripada digoreng yang bisa membuat kandungan nutrisi dalam ubi manis berkurang, sebaiknya masak ubi dengan cara dikukus. Sehingga nutrisi baik dalam ubi manis tidak hilang.

Baca Juga: Sederet Manfaat Buah Pir yang Penting untuk Kesehatan

3. Selai kacang dan apel 

Kombinasi antara buah apel segar dan selai kacang bisa jadi cemilan manis lezat sekaligus baik bagi tubuh. Makan apel bersama kulitnya. 

Sebab, kulit apel mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan, yaitu quercetin. Kandungan ini bekerja memerangi radikal bebas yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit kronis, misalnya.penyakit jantung dan kanker.

Sementara, dari selai kacang diperoleh suplai mineral seng yang dibutuhkan tubuh. Jenis mineral tersebut bermanfaat mendukung dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, kedua cemilan tersebut jika dikombinasikan sangat ampuh menambah daya tahan tubuh.

Makan

Cemilan sehat ubi kukus

4. Paprika dan hummus 

Paprika banyak mengandung vitamin C yang tubuh butuhkan. Jika paprika ini di mix dengan hummus (makanan lembut mirip bubur khas Timur Tengah), maka tubuh akan mendapatkan suplai serat yang cukup. 

Sebab, hummus terbuat dari kacang arab mampu menjaga organ pencernaan. Kedua cemilan ini bila dikombinasikan tidak hanya bisa menunda lapar, tetapi juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

5. Cokelat strawberry

Buah merah yang dihiasi bintik-bintik kecil di kulitnya ini juga bagus untuk membantu menjaga imun tubuh. Ini karena strawberry mengandung nutrisi berlimpah.

Strawberry mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan ellagic acid. Makanya buah ini sangat bagus untuk kesehatan mata, mengontrol gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan baik bagi kesehatan otak.

Jadi, mengonsumsi strawberry sebagai cemilan sangat sehat. Agar tidak bosan, celupkan buah strawberry ke dalam saus coklat dan bekukan. Agar lebih sehat, gunakan coklat rendah gula.

Baca Juga: Ingin Diet dan Tetap Bisa Menikmati Makanan? Pilih Diet DEBM, Begini Polanya

6. Smoothie jeruk 

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bisa dimakan langsung, dibuat minuman jus atau smoothie.

Mengonsumsi smoothie jeruk maupun aneka olahan jeruk lain dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain vitamin C, jeruk ternyata juga kaya akan vitamin D.

Dua vitamin ini penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi berbagai serangan penyakit. Mulai dari flu, batuk, hingga infeksi pernapasan.

Apalagi di masa pandemi yang mengharuskan kamu untuk selalu menjaga kondisi tubur biar gak gampang sakit. Mengonsumsi smoothie jeruk bisa jadi solusi cerdas mencegah paparan infeksi yang masuk ke dalam tubuh, baik dari bakteri maupun virus.

Makan

Minuman teh dan jahe

7. Teh jahe

Minuman lainnya yang sangat baik untuk tubuh adalah teh. Ini karena di dalamnya memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang bersifat antioksidan.

Kedua senyawa tersebut berperan cukup penting dalam meningkatkan imunitas. Agar khasiatnya makin bagus, campur teh dengan jahe yang sudah dibakar, lalu diseduh bersama.

Selain memberikan efek hangat di tubuh, jahe juga sangat baik dalam memerangi infeksi bakteri karena jahe bersifat anti-inflamasi.

Ajukan Asuransi Kesehatan untuk Jaga-jaga

Di masa pandemi, kamu harus sanggup mengontrol makanan yang masuk dalam tubuh. Artinya tidak sembarangan.

Tetap harus memperhatikan kesehatan dan kebersihannya. Selain itu, imbangi dengan olahraga secara teratur dan paling penting juga memiliki asuransi kesehatan sebagai perlindungan finansial dari risiko penyakit yang bisa menyerang siapapun, kapan pun dan di manapun.

Baca Juga: Inilah Asal-Usul, Jenis, dan Manfaat Tanaman Keladi Hias yang Digilai Banyak Orang

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement