Rabu 22 Sep 2021 12:12 WIB

Kue Bulan Lambangkan Simbol, Rasa, dan Variasi Daerah

Kue bulan memiliki beragam variasi, tergantung daerah asalnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Moon cake alias kue bulan memiliki beragam variasi.
Foto:

Kue bulan bergaya Chaoshan

Ukurannya lebih besar dengan vegi-pasta. Chaoshan adalah wilayah Guangdong di Tiongkok Tenggara, tempat banyak etnis Tionghoa di Malaysia, Singapura, dan Thailand berasal.

Kue bulan bergaya Chaoshan memiliki kulit yang berbeda, lebih besar dari kebanyakan kue bulan lainnya. Isian yang paling umum digunakan adalah pasta kacang hijau, dan pasta kacang hitam, dan kentang.

Kue bulan gaya Yunnan

Isinya ham dan bunga. Dua kue bulan ala Yunnan yang paling terkenal adalah kue bulan ham dan kue bulan bunga.

Kue bulan ham lezat dengan isian ham potong dadu dan madu manis. Rasa keduanya manis dan sedikit asin. Bunga populer di Yunnan sebagai isian kue. Mawar segar atau bunga lain yang dapat dimakan dibungkus dengan kulit kue bulan.

Kue bulan bergaya Hong-Kong

Kue ini terkenal dengan istilah kulit es. Kue bulan kulit es pertama kali populer di kalangan warga Hong Kong.

Kulit kue bulan tidak terbuat dari es. Mereka mendapat nama ini karena kulitnya berwarna putih seperti salju, dan tidak dipanggang dalam oven, tetapi disimpan di lemari es.

Bagaimana kue bulan dibuat? Kue bulan terdiri dari kulit pastry dan beberapa isian. Pertama, buat wadah kue dengan adonan dan sirup dalam proporsi yang sama. Kemudian pilih bahan favorit untuk membuat isian.

Selanjutnya, masukkan pasta ke dalam cetakan bulat sehingga mulai berbentuk. Kue bulan bisa masuk ke oven untuk dipanggang.

Pengecualian untuk ini adalah proses pembuatan kue bulan kulit salju. Adonan dan isiannya dimasak terlebih dahulu lalu dimasukkan ke dalam lemari es setelah dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan.

Sulit untuk memperkirakan secara akurat berapa banyak jenis dan rasa kue bulan yang ada. Kue bulan paling populer di China adalah kue bulan gaya Kanton, kue bulan gaya Hong Kong, kue bulan gaya Beijing, kue bulan gaya Suzhou, kue bulan gaya Yunnan, dan kue bulan gaya Chaoshan.

Sebagai makanan tradisional Festival Pertengahan Musim Gugur, kue bulan telah mengembangkan berbagai gaya dan rasa sepanjang sejarah. Bahan utama kue bulan kaya akan gula dan karbohidrat.

Bagian luar kue bulan terbuat dari tepung, minyak, dan sirup manis. Isinya bervariasi tetapi bahannya juga biasanya tinggi gula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement