Kamis 09 Sep 2021 07:16 WIB

Jung Woo-Sung Sumbang Rp 1,2 M untuk Krisis di Afghanistan

Sekitar 18 juta orang saat ini berada dalam krisis kemanusiaan di Afghanistan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Tentara AS berjalan melewati deretan tenda dan seorang pengungsi muda Afghanistan, di Pangkalan Udara Ramstein, di Ramstein-Miesenbach, Jerman, Senin, 30 Agustus 2021.
Foto: AP/Uwe Anspach/dpa
Tentara AS berjalan melewati deretan tenda dan seorang pengungsi muda Afghanistan, di Pangkalan Udara Ramstein, di Ramstein-Miesenbach, Jerman, Senin, 30 Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Aktor Korea Selatan Jung Woo-sung menyumbangkan 100 juta won (sekitar Rp 1,2 miliar) kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) Korea, Rabu (8/9). Pejabat UNHCR Korea mengatakan aktor berusia 48 tahun itu ingin memberikan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang di Afghanistan yang dilanda perang.

Menurut kantor badan pengungsi PBB Korea Selatan, Jung Woo-sung, yang merupakan duta badan tersebut, menyumbangkan uang untuk membantu warga Afghanistan yang berada di bawah ancaman kekerasan dan terorisme.

Baca Juga

"Saya berharap uang ini akan membantu warga Afghanistan yang kehilangan rumah dan hidup dalam masa kelam, selama krisis baru-baru ini, dan juga pejabat UNHCR yang bekerja untuk membantu mereka," kata Jung Woo-sung dilansir Yonhap News, Rabu (8/9).

Bintang film The King (2017) itu juga meminta perhatian lebih pada situasi warga negara Afghanistan saat ini. Sejak Taliban mengambil alih Kabul pada bulan lalu, kekerasan dan ketakutan telah meningkat di Afghanistan. Kondisi itu mendorong banyak warga Afghanistan meninggalkan negaranya.

Menurut UNCHR Korea, lebih dari 590 ribu warga Afghanistan telah kehilangan rumah mereka dan hampir setengah dari populasi negara itu, atau 18 juta orang, saat ini berada dalam krisis kemanusiaan. Korea Selatan telah mengevakuasi hampir 400 rekan kerja Afghanistan dan anggota keluarga mereka di bawah misi militer, dengan nama sandi Operasi Keajaiban, sebab tim menghadapi kemungkinan ancaman Taliban karena mendukung operasi asing.

Sejak diumumkan sebagai duta untuk UNHCR pada 2015, aktor kelahiran 20 Maret itu telah melakukan perjalanan ke banyak negara dalam misi krisis pengungsi, termasuk Bangladesh, Irak, dan Nepal. Jung Woo-sung terus bekerja untuk meningkatkan kesadaran publik tentang masalah pengungsi itu.

Pada Agustus, dia memberikan sumbangan kepada pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari diskriminasi sistematis dan kekerasan militer di Myanmar. Dia juga menyumbangkan uang untuk membantu pengungsi anak-anak yang menetap di Korea, untuk menerima perawatan medis yang mereka butuhkan.

Jung Woo-sung telah membintangi sejumlah film hit, termasuk The Good, the Bad, the Weird (2008) dan Steel Rain pada 2017 dan 2019. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement