Selasa 07 Sep 2021 19:48 WIB

Waspada, Bawang Putih Bisa Memperburuk Perut Kembung

Bila memiliki masalah pencernaan, bawang putih bisa memperparah perut kembang.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Bila memiliki masalah pencernaan, bawang putih bisa memperparah perut kembang.
Foto: Flickr
Bila memiliki masalah pencernaan, bawang putih bisa memperparah perut kembang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kembung pada perut dapat menyebabkan ketidaknyamanan termasuk sering kali merasa kenyang atau bagian perut jadi membesar. Kembung bisa menjadi tanda bahwa seseorang mungkin secara teratur memakan makanan yang membuat alergi kembung.

Salah satu asupan yang bisa memperburuk perut kembung adalah bawang putih. Bawang putih secara umum dianggap sebagai makanan "sehat", termasuk berdasar penelitian yang menunjukan dapat mengurangi tekanan darah dan risiko kolesterol tinggi.

Baca Juga

Bawang putih juga dikaitkan dengan kesehatan tulang yang lebih baik dan dapat membantu detoksifikasi logam berat dalam tubuh. Tetapi, jika seseorang menderita masalah pencernaan, efek samping bawang putih mungkin lebih besar daripada manfaat kesehatannya.

Bawang putih mungkin berkontribusi terhadap kembung karena merupakan makanan FODMAP yang tinggi. FODMAP adalah singkatan dari fermentable oligo-, di-, mono-saccharides and polyols, di mana karbohidrat tahan terhadap pencernaan. Artinya, alih-alih diserap ke dalam aliran darah, makanan nustru mencapai bagian bawah tempat bakteri usus berada, dan ini menyebabkan masalah pencernaan yang tidak diinginkan, terutama kembung.

“Bawang putih adalah salah satu sumber FODMAP yang paling terkonsentrasi,” ungkap Megan Rossi, PhD, RD kepada Healthine, dilansir She Finds, Selasa (07/09).

Sayangnya, membatasi bawang putih mungkin akan sulit. Hal ini karena banyak makanan yang mengandung bawang putih termasuk saus praktis sekalipun.

Dalam makanan olahan, bawang putih mungkin terdaftar di antara bahan-bahan sebagai penyedap atau rasa alami. Oleh karena itu, orang perlu menghindarinya jika memutuskan mengikuti diet rendah FODMAP yang ketat.

Bagi penderita kembung, Rossi merekomendasikan pengganti bawang putih seperti daun bawang, cabai, serai, kunyit. Masalah pencernaan bisa sangat membuat frustrasi, tetapi apa yang dikonsumsi sangat berpengaruh.

Mengetahui potensi efek samping dan manfaat kesehatannya, adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Bawang putih mungkin menjadi penyebab kembung dan jika masalah pencernaan dirasa terus menerus, maka segera konsultasikan ke tenaga medis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement