Jumat 27 Aug 2021 14:45 WIB

Konsumsi Jambu Biji Bisa Turunkan Berat Badan

Jambu biji pilihan baik apabila ingin menurunkan berat badan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Jambu biji pilihan baik apabila ingin menurunkan berat badan.
Foto: Wikimedia
Jambu biji pilihan baik apabila ingin menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Jambu biji merupakan salah satu sumber makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini banyak manfaatnya bagi tubuh. Seperti membantu menurunkan berat badan, menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dilansir dari firstforwomen pada Jumat (27/8), jambu biji juga dapat ditemukan tumbuh di iklim hangat di AS seperti Florida, Hawaii dan California Selatan. Musim panen utama adalah Agustus hingga Oktober dan lagi dari Februari hingga Maret. Rasa manisnya sering digambarkan sebagai campuran stroberi dan pir, yang menjadikannya pilihan yang luar biasa untuk dicampur menjadi smoothie, dipanggang menjadi makanan penutup atau dinikmati sebagai camilan sendiri.

Baca Juga

Dengan hanya 37 kalori dalam satu jambu biji, jambu adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang mencoba menurunkan berat badan. Anda juga akan mengonsumsi 125 miligram vitamin C sekitar dua kali lipat dari yang Anda dapatkan dari jeruk. 

Nutrisi bermanfaat lainnya termasuk 3 gram serat, sedikit di atas satu gram protein, 10 miligram kalsium, 12 miligram magnesium, 229 miligram kalium, 205 mikrogram beta-karoten dan 2.860 mikrogram likopen.  Hanya ada sekitar 8 gram karbohidrat dan 5 gram gula, jadi Anda juga tidak perlu khawatir berlebihan.

Vitamin C sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh tetapi mendapatkan lebih banyak vitamin C dapat membantu melangsingkan lingkar pinggang. Sementara itu, serat penyembuh usus dan magnesium anti penuaan akan membantu menurunkan berat badan juga.  

Sejumput protein akan memberi dorongan untuk menjaga otot tetap kuat, bersama dengan potasium dan kalsium yang memperkuat tulang. Jangan abaikan beta-karoten dan likopen, keduanya bekerja untuk memperbaiki mata, otak, dan kulit.

Selain sebagai camilan yang kaya nutrisi dan rendah kalori, penelitian telah menemukan bahwa makan jambu biji matang sebelum makan membantu peserta menurunkan delapan hingga sembilan poin dari angka tekanan darah mereka.  Mereka memuji jumlah potasium dan serat yang cukup dalam buah untuk manfaat kesehatan jantung ini.

Bahkan, daun jambu biji memiliki manfaat yang mengesankan satu studi menemukan bahwa antioksidan tingkat tinggi dalam ekstrak daun dapat melindungi jantung dari radikal bebas. Studi lain mengklaim bahwa mereka dapat meningkatkan keseimbangan gula darah jangka panjang dan resistensi insulin yang lebih baik.

Tentu saja, itu sejalan dengan sifat anti-kanker yang disediakan oleh sebagian besar antioksidan. Penelitian yang menjanjikan bahkan menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji lebih efektif dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker daripada obat resep tetapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement