Rabu 25 Aug 2021 16:06 WIB

Lima Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Payudara

13 persen wanita memiliki risiko kanker payudara di beberapa titik dalam hidupnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Lima makanan untuk kesehatan payudara (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Lima makanan untuk kesehatan payudara (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker payudara adalah masalah kesehatan serius bagi sebagian besar wanita dan kadang-kadang pria. Ada banyak tindakan pencegahan yang dapat dilakukan bagi individu untuk mengurangi risiko kanker payudara. 

"Sementara faktor risiko seperti jenis kelamin, gen yang salah, riwayat kanker keluarga, usia, riwayat pribadi kanker payudara atau penyakit payudara proliferatif dan etnis tidak dapat dimodifikasi dan tidak dapat diubah, yang dapat dimodifikasi pasti dapat dicegah dan dikendalikan," ujar salah seorang dokter di Institut Kanker Medanta, India, dr Jyoti Wadhwa, seperti dilansir laman Indian Express, Rabu (25/8).

Dia mengatakan, diet adalah salah satu faktor yang dapat dimodifikasi dan pencegahan yang dapat ditingkatkan dengan memasukkan makanan tertentu dalam gaya hidup Anda. Hal senada disampaikan dr Geetika Mittal Gupta. Dia menyebut, sekitar 13 persen wanita memiliki risiko kanker payudara di beberapa titik dalam hidup mereka. 

“Ada lima makanan yang meningkatkan kesehatan payudara. Ingat, banyak faktor yang berkontribusi terhadap kesehatan payudara, bukan hanya pola makan, tapi mengonsumsi makanan sehat adalah sesuatu yang mudah yang bisa kita semua lakukan,” kata dia.

Lima makanan penting yang dia maksud untuk meningkatkan kesehatan payudara yakni: 

1. Kale: Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.

2. Beri: Mereka kaya akan antioksidan yang telah terbukti melindungi terhadap perkembangan dan penyebaran sel kanker.

3. Salmon: Ikan berlemak seperti salmon kaya akan lemak omega-3, selenium, dan antioksidan yang dapat melindungi dari kanker.

4. Brokoli: Sayuran cruciferous termasuk brokoli, mengandung senyawa glukosinolat yang memiliki kemampuan antikanker yang tinggi.

5. Kacang dan lentil: Keduanya penuh serat, yang dapat melindungi dari kanker payudara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement