Kamis 19 Aug 2021 06:42 WIB

Aktor Kris Wu Ditangkap Atas Dugaan Pelecehan Seksual

Kris Wu ditangkap atas dugaan pelecehan seksual terhadap seorang influencer.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Kris Wu ditangkap atas dugaan pelecehan seksual terhadap seorang influencer.
Foto: EPA
Kris Wu ditangkap atas dugaan pelecehan seksual terhadap seorang influencer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor China-Kanada Kris Wu, secara resmi ditangkap. Menurut jaksa di Beijing dalam sebuah pernyataan, Wu dicurigai melakukan pemerkosaan.

Pria berusia 30 tahun itu pertama kali ditahan pada 31 Juli oleh polisi di ibu kota China. Menyusul kecaman daring atas tuduhan penyerangan seksual terhadapnya yang ramai dalam tagar #Metoo di media sosial, Wu pun ditangkap. 

Baca Juga

Tuduhan itu pertama kali muncul bulan lalu di platform media sosial China Weibo. Saat itu seorang wanita yang juga merupakan seorang influencer, mengunggah melalui akun Weibo terverfikasi, "Du Meizhu". Dia menuduh Wu, yang bernama China Wu Yifan, telah melakukan pelecehan seksual saat dia mabuk di rumah bintang pop itu. 

Perempuan yang merupakan mahasiswa di Universitas Komunikasi China di Beijing itu mengatakan, dia pergi ke rumah Wu untuk wawancara casting. Du Meizhu menyebut, dia berusia 17 tahun pada saat dugaan penyerangan itu.

Du kemudian menuduh ada beberapa wanita lain, termasuk dua anak di bawah umur, yang menjadi korban Wu. Mereka telah menghubungi Du untuk berbagi pengalaman serupa yang dibujuk untuk berhubungan seks oleh Wu. 

Pernyataan singkat dari kantor kejaksaan di Chaoyang Beijing, yang dilansir laman CNN, mengatakan penangkapan Wu atas dugaan pemerkosaan secara resmi disetujui pada Senin lalu. Namun, mereka tidak memberikan rincian tentang dakwaan tersebut.

Sebelum dia ditahan, Wu telah membantah tuduhan di akun Weibo pribadinya. Perusahaannya mengatakan sedang mengejar tindakan hukum terhadap penuduhnya, menyebut tuduhan itu "rumor jahat. 

Wu, yang lahir di Cina selatan tetapi merupakan warga negara Kanada, menjadi terkenal sebagai anggota grup pop Korea-Cina populer, EXO. Dia kemudian berpindah untuk karir solonya, setelah dia meninggalkan band pada 2014. Wu membintangi banyak film dan menjadi model untuk merek seperti Burberry.

Setelah tuduhan pemerkosaan menyebar pada Juli, beberapa mitra merek lalu menjauhkan diri dari Wu sesegera mungkin. Rumah mode Prancis Louis Vuitton, merek mewah Italia Bulgari dan merek kosmetik Cina Kans termasuk di antara mereka yang menangguhkan atau memutuskan hubungan sepenuhnya dengan sang bintang.

Kejatuhan dramatis Wu hanya dipercepat setelah penahanannya. Akun media sosialnya yang dulu sangat populer, termasuk halaman Weibo-nya dengan lebih dari 51 juta pengikut, dihapus dalam semalam. Lagu-lagunya juga dihapus dari situs streaming musik.

Pada Senin malam, penangkapan Wu menjadi topik trending teratas di Weibo, dengan sebagian besar komentar mendukung tindakan polisi. Tagar Weibo terkait telah dilihat 1,6 miliar kali pada Selasa pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement