Selasa 27 Jul 2021 06:00 WIB

Jungkook Dengarkan Suara Pemandu Vokal Sebelum Rekaman

Jungkook mencari cara untuk menambahkan gayanya sendiri di tiap rekaman.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Personel BTS Jungkook mengandalkan intuisi untuk mendapatkan cara terbaik menyanyikan sebuah lagu.
Foto: EPA
Personel BTS Jungkook mengandalkan intuisi untuk mendapatkan cara terbaik menyanyikan sebuah lagu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Banyak penggemar bertanya-tanya bagaimana Jungkook BTS berlatih vokalnya yang prima. Dalam wawancara dengan Weverse Magazine, Jungkook menceritakan sekilas proses rekaman vokalnya.

Dilansir Korea Boo pada Senin (26/7), Jungkook mengatakan bahwa dia terlebih dahulu mendengarkan nyanyian pemandu vokal sebelum mulai merekam suaranya sendiri. Penyanyi lain yang menjadi pemandu vokal direkam nyanyiannya untuk memberikan gambaran kepada vokalis tentang bagaimana bagian mereka seharusnya terdengar dalam rekaman final.

Baca Juga

Setelah mendengarkan suara pemandu vokal dengan cermat, Jungkook kemudian menemukan cara untuk menambahkan gayanya sendiri ke dalam lagu. Rekaman pun dimulai.

"Sebelum rekaman, saya mendengarkan rekaman dari pemandu vokal dan kemudian ketika saya merekam, saya harus mengingat semua karakteristik ini dan memadukannya dengan gaya saya sendiri," kata pemilik nama lahir Jeon Jeong-kook itu.

Jungkook mengungkapkan bahwa terkadang diperlukan beberapa kali percobaan untuk menemukan cara terbaik mendekati lagu. Member termuda BTS itu mengandalkan intuisi untuk mendapatkan pilihan yang paling pas.

"Saya mengalami kesulitan ketika kami merekam, tentu saja, dan ketika saya pertama kali melakukannya, suara saya tidak terdengar benar, jadi saya harus terus mencari suara yang tepat,” ujar penyanyi kelahiran 1 September 1997 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement