Kamis 08 Jul 2021 00:26 WIB

Sumbat Hidung dengan Bawang Putih Bisa Bikin Lega?

Menyumbat hidung dengan bawang putih jadi trik yang viral di TikTok.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pengguna TikTok, Jackie Santillan, mencoba trik yang viral untuk melegakan hidung tersumbat, yakni dengan menyumbat hidung dengan bawang putih.
Foto:

Rasa terbakar dan iritasi biasanya tidak berlangsung lama. Namun, bawang putih bisa saja tersangkut di hidung dan korban harus dibawa ke dokter untuk dibantu mengeluarkannya.

"Kami biasanya tidak merekomendasikan memasukkan apa pun ke dalam lubang hidung karena itu bisa copot atau tersangkut ke dalam rongga hidung," kata Del Signore.

Korbannya bisa jadi harus menjalani pembedahan untuk mengeluarkan bawang putih yang tersangkut di hidung. Del Signore mengingatkan agar masyarakat tidak meletakkan produk organik atau bahkan benda non-organik di hidung karena selalu ada risiko infeksi super di dalam rongga hidung.

photo
Sejak masa silam, konsumsi bawang putih dikenal berkhasiat untuk mencegah infeksi (Foto: ilustrasi bawang putih) - (Flickr)

Secara alami, di hidung terdapat bakteri. Akan tetapi, ketika sesuatu menghalangi saluran hidung, pertumbuhannya bisa berlebih. Ini dapat menyebabkan infeksi dengan beberapa gejala yang mengkhawatirkan.

"Hidung Anda bisa bernanah, Anda akan merasa kesakita, mungkin ada pendarahan, dan itu menjadi sedikit berantakan,” jelas Del Signore.

Orang mungkin percaya memasukkan bawang putih ke dalam lubang hidung mereka aman karena bumbunya sudah lama dianggap sehat. Tapi para ahli sepakat tidak ada bukti bahwa menempelkan bawang putih di hidung akan berhasil membuat lega.

Secara historis, menurut Del Signore, banyak orang berpikir bawang putih memiliki banyak nilai obat. Jadi orang telah menggunakannya demi mendapatkan seperti sifat antibakterinya.

"Saya telah melihat orang menggunakannya dan merasakan khasiat imunitas jadi saya tidak terkejut kalau kemudian orang mengira bawang putih bisa membantu melegakan hidung. Tapi, yang jelas itu tidak membantu," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement